Rabu, Oktober 27, 2021
BerandaBale CimahiSatrekrim Polres Cimahi Periksa 12 Pabrik

Satrekrim Polres Cimahi Periksa 12 Pabrik

Kasatreskrim Polres AKP Niko N Adiputra saat meninjau pabrik pengguna batubara di Cimahi, Rabu (26/7). by ist tj
Kasatreskrim Polres AKP Niko N Adiputra saat meninjau pabrik pengguna batubara di Cimahi, Rabu (26/7). by ist tj

CIMAHI, Balebandung.com – Diduga karena telah melakukan pencemaran lingkungan sejumlah pabrik di kawasan industri Kota Cimahi diperiksa. Hal tersebut berdasarkan laporan terkait dugaan pencemaran limbah batubara yang membuat ratusan warga mengalami gatal-gatal dan sesak nafas.

Kasatreskrim Polres AKP Niko N Adiputra mengatakan pihaknya mendatangi total 12 perusahaan yang berada di kawasan Industri yang berada di Kelurahan Utama, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi.

“Kami mendapatkan laporan ada puluhan warga yang mengalami gatal-gatal dan sesak nafas yang diduga karena terpapar limbah batubara,” tuturnya.

Masyarakat Kampung Cibodas Campaka, RT 02/09, mengeluhkan gatal-gatal dan iritasi pada kulit, sesak nafas, dan pedih pada mata, lantaran paparan debu batubara yang hampir dua bulan belakangan mencemari lingkungan mereka. Untuk itulah 12 perusahaan yang berada di lokasi tersebut diambil sampel limbahnya. “Sample yang kita bawa ini akan kita uji laboratoriumkan,” jelas Niko.

Hasil dari laboratorium nanti akan menentukan tingkat kecocokan partikel debu batubara itu mengarah ke perusahaan mana. Apabila uji laboratorium terkait pencemaran oleh perusahaan melebihi ambang baku mutu yang telah ditentukan, maka akan dipertimbangkan berlandaskan UU Nomor 32 tahun 2009 tentang Lingkungan Hidup.

“Nantinya apakah termasuk ke dalam delik kesengajaan atau kelalaian untuk menentukan sanksi yang diberikan,” tegas Niko.*** (dul)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI