Bale Kab BandungPamong

Sekda Jabar Bahagia Tol Soroja Diresmikan Jokowi

Sekda Jabar Iwa Karniwa saat meninjau Tol Soroja beberapa waktu lalu. ist
Sekda Jabar Iwa Karniwa saat pembangunan Masjid Nurul Falah dan Masjid Al-Amanah di Kampung Dungus Lembu, Desa Margaasih, Kec Margaasih, Kab Bandung, Selasa (24/1/17). by Kominfo Kab Bdg. by Kominfo Kab Bdg

SOREANG – Presiden RI Joko Widodo meresmikan tol Soreang-Pasirkoja (Soroja) pukul 14.00 WIB, Senin (4/12/17). Jalan tol sepanjang 10,5 kilometer tersebut akan menghubungkan wilayah Kabupaten Bandung dengan Kota Bandung.

Sekda Jabar Iwa Karniwa mengatakan dirinya menjadi orang yang paling bahagia dengan dibukanya Tol Soroja. Terlebih, Iwa merupakan salah seorang penggagas dan aktor yang sekuat tenaga mewujudkan jalan tol yang sudah dinantikan warga Kabupaten Bandung tersebut.

“Alhamdulillah, berkat kerja keras dalam dua tahun terakhir ini akhirnya Tol Soroja resmi akan dioperasikan oleh Bapak Presiden,” kata Iwa kepada wartawan di Soreang, Kabupaten Bandung, Senin (4/12).

Iwa menyebut kebahagiaan tersebut muncul setelah proyek tersebut groundbreaking 2015 silam. Namun dalam proses pembangunannya menemui banyak kendala. Alhasil target penuntasan tol tersebut molor berkali-kali.

“Saya paling bahagia dengan peresmian ini, buah dari kerja keras dan koordinasi setiap waktu akhirnya bisa selesai,” ujarnya sambil tersenyum semringah.

Sekda menambahkan sejumlah pihak patut diapresiasi antara lain PT Citra Marga Lintas Jabar selaku badan usaha yang bekerja keras mewujudkan tol tersebut. Selain itu dukungan pemerintah pusat, aparat provinsi dan Pemkab Bandung yang dinilai total di lapangan.

Menurutnya tol ini mengalami proses yang tak mudah dari mulai urusan pembebasan lahan, pembiayaan, cuaca yang tak menentu hingga pemindahan dua mesjid di wilayah Kopo.

“Kami sampaikan terima kasih khususon kepada para alim ulama di wilayah Kabupaten Bandung, daerah Kopo yang membantu penuntasan pembebasan lahan mesjid yang sempat mengganjal proses pembangunan. Alhamdulillah masjid sudah diganti menjadi lebih bagus dan manfaat tol bisa segera dirasakan warga,” tuturnya.

Menurut Iwa masyarakat di kawasan Kabupaten Bandung bagian selatan sudah menunggu-nunggu realisasi tol ini. “Terima kasih bapak presiden, peresmian tol ini akan membuka akselerasi ekonomi di Bandung Selatan, dan mempercepat arus orang dan barang. Alhamdulillah. Saya benar-benar sangat bersyukur,” ucap Iwa.(*)

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close