Bale JabarPamong

Sekda Sukacita Perpres Cekungan Bandung Tuntas

BANDUNG – Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat menyambut gembira lahirnya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 45 Tahun 2018 tentang Tata Ruang Kawasan­Perkotaan Cekungan Bandung.

Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar Iwa Karniwa mengatakan perpres ini sudah ditunggu lama Pemprov karena selama 5 tahun pihaknya terus mendorong agar penataan tata ruang di KSN Cekungan Bandung segera diatur.

“Ini sudah lama kita perjuangkan, sejak saya di asisten administrasi sampai jadi sekda,” kata Iwa usai Sosialiasi Perpres No 45/2018 di Gedung Sate, Bandung, Selasa (17/7/18) sore.

“Perpres ini untuk pengendalian ruang dan solusi kemacetan serta banjir. Proyek strategis pun sudah sesuai ketentuan yang berlaku,” terangnya.

Iwa memastikan pemprov dan 5 daerah terkait membutuhkan perpres ini tak hanya untuk mengakomodir proyek infrastruktur namun solusi persoalan banjir yang menyergap kawasan ini akhirnya mendapatkan payung hukum.

“Pengendalian banjir Rancaekek, pembuatan kolam retensi Gedebage. Proyek Tol BIUTR, Tol Bandung-Gedebage-Majalaya-Garut-Tasik juga sudah diakomodir. Ada juga terkait lahan pertanian berkelanjutan,” urai Sekda.

Perpres ini menurutnya makin menguatkan seluruh subtansi pengendalian kawasan Bandung Utara yang peraturan daerahnya sudah lebih dulu dihasilkan Pemprov Jabar. Iwa menunjuk nantinya arah perizinan untuk pembangunan khususnya di Kota Bandung bangunan fisik diminta untuk vertikal. “Intinya disesuaikan dengan pola ruang dan daya dukung lahan,” tandasnya.

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close