Politik KBB

Semua Paslon Pilkada Rawan Politik Uang

Ketua Bawaslu Jabar Harminus Koto
Ketua Bawaslu Jabar Harminus Koto

BANDUNG – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jawa Barat mewaspadai adanya praktik politik uang pada pelaksanaan Pilkada Serentak 2018. Ketua Bawaslu Jabar Harminus Koto mengatakan politik uang itu sangat rawan terjadi, bahkan hingga pada hari pencoblosan praktik itu masih berpotensi muncul.

Untuk itu pihaknya meminta masyarakat untuk proaktif mengawasi dan melaporkan politik uang terutamanya di 16 kabupaten/kota di Jawa Barat yang akan menggelar Pillkada Serentak. Pihaknya juga akan membuat program gerakan sejuta mahasiswa di Jawa Barat untuk mengantisipasi hal tersebut.

“Gerakan ini untuk mengawal pesta demokrasi dari praktik curang politik uang,” ungkap Herminus saat sosialisasi pengawasan partisifatif pengenalan kelembagaan pengawas pemilu pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, wali kota dan wakil wali kota serentak tahun 2018, di Soreang, Kabupaten Bandung, Rabu (5/7/17).

Hermin menilai semua pasangan calon di Pilkada berpotensi melakukan politik uang. Apalagi jika mereka tidak memiliki program kerja yang jelas sehingga lebih mengedepankan pendekatan pragmatis.

Karenanya masyarakat diminta untuk hati-hati karena dengan ketentuan saat ini baik yang memberi atau yang menerima sanksi hukumannya sama. “Masyarakat juga jangan mau diperalat karena yang akan rugi adalah masyarakat sendiri,” pungkasnya. (dul)

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close