Selasa, Mei 28, 2024
BerandaBale BandungTangani Desa Blank Spot Tanpa APBD

Tangani Desa Blank Spot Tanpa APBD

SOREANG,balebandung.com – Berdasarkan hasil kajian Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfo) Kabupaten Bandung sejak 2020 sampai 2021, diketahui sebanyak 60 desa atau titik blank spot yang tersebar di Kabupaten Bandung. Dari 60 desa blank spot itu, di antaranya 37 desa sudah tertangani dan sisanya 23 desa ditargetkan tahun 2023 ini bisa dituntaskan dalam penangannya.

“60 titik blank spot itu dengan mengukur, kondisi antara kapasitas download dan upload dengan titiknya di desa-desa. Dan ternyata ada 60 desa, yang diketahui sinyalnya kurang kuat,” kata Kepala Diskominfo Kabupaten Bandung H. Yudi Abdurrahman di Soreang Rabu (1/2/2023).

Mengetahui 60 desa blank spot itu, imbuh Yudi, Diskominfo melakukan berbagai langkah untuk mencari cara seperti apa dalam penanganan persoalan itu.

“Tahun 2020 kita mencoba ada pilot project membangun dua tower dulu, untuk mengukur kapasitas efisien dan efektifnya. Dengan kondisi geografis Kabupaten Bandung. Pembangunan dua tower itu di Desa Sukanagara Kecamatan Soreang dan Desa Campakamulya Kecamatan Cimaung. Apakah itu jadi solusi atau tidak,” tutur Yudi.

Langkah berikutnya, kata Yudi, Diskominfo melakukan komunikasi dengan sejumlah pihak, termasuk dengan pihak Telkom bagaimana menangani yang sisanya dengan kondisi blank spot.

“Karena kalau Pemkab Bandung menyediakan anggaran dari APBD, cukup besar juga. Ini juga oleh pihak penyedia menjadi lahan untuk mengembangkan sarana telekomunikasi dari sisi bisnis mereka,” katanya.

Makanya, Yudi menyebutkan, bahwa pihaknya menawarkan ke Telkom, sehingga dari perusahaan itu muncullah intervensi untuk memasang jaringan fiber optik. “Dari 60 desa blank spot itu, pada 2022 kita menangani 32 titik blank spot. Artinya, yang sudah ditangani sampai Desember 2022 itu kurang lebih 37 titik atau desa yang sebelumnya blank spot,” jelasnya.

Termasuk, imbuh Yudi, pihaknya meminta bantuan dari Provinsi Jabar, di antaranya membantu di 5 titik atau desa blank spot, yakni Desa Cipelah, Sukaresmi, Indragiri, Mekarsaluyu dan Desa Mekarmanik.

“Jadi sisanya itu, insya Allah akan dikerjasamakan lagi dengan pihak terkait. Terutama dengan PT Telkom karena sisanya kurang lebih ada 23 desa lagi yang masih blank spot. Insya Allah dalam penangananya tidak menggunakan dana APBD,” ungkapnya.

Dengan cara itu, kata dia, masyarakat bisa terbantu dalam penanganan desa-desa yang masih blank spot tersebut. “Terutama kaitannya dengan tata kelola pemerintahan itu, internet sudah menjadi kebutuhan rutin. Baik bagi pemerintahan maupun masyarakat,” ujarnya.

Artinya, kata Yudi, langkah-langkah yang dilakukan Diskominfo membangun pilot project dan mencari solusi seperti apa yang cocok dengan kondisi geografis Kabupaten Bandung.

“Kita juga berkomunikasi dengan pihak-pihak yang lain. Yang pasti dalam penanganan blank spot ini, sekali lagi saya katakan insya Allah tidak menggunakan dana APBD. Termasuk dalam penanganan sisanya yang 20 titik itu,” ungkapnya.

Yudi berharap pada tahun 2023 ini atau triwulan pertama bisa diselesaikan semuanya. “Kita tadinya ingin di awal 2023, sudah tertangani semua targetnya atau di semester pertama itu. Kita menginginkan titik blank spot di Kabupaten Bandung bisa diselesaikan secepat mungkin karena itu tidak bisa ditunda-tunda lagi,” tuturnya.

Ia berharap dalam penanganan blank spot bisa secepatnya direalisasikan. Desa-desa yang sudah ditangani itu, yakni Desa Babakan, Tribakti Mulya, Wanasuka, Tegal Sumedang, Ciluluk, Mandalawangi, Nagreg Kendan, Padamukti, Indragiri, Mangunjaya, Wargaluyu, Jatisari, Babakan Peuteuy, Dampit, Margaasih, Ciporeat, Cipanjalu, Melatiwangi, Campaka Mulya, Malasari, Sindanglaya. Selain itu, Desa Mekarmanik, Mekarsaluyu, Rawabogo, Pangguh, Cihawuk, Cilame, Sukamulya, Mandalahaji, Mekarjaya, Nagrak, Pangauban, Lamajang, Karangtunggal, Mekarsari, Sangiang dan Sukanagara.***

BERITA LAINYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERKINI

spot_img