Rabu, Oktober 20, 2021
BerandaBale JabarTim Atletik Jabar Targetkan 47 Emas di Peparnas 2016

Tim Atletik Jabar Targetkan 47 Emas di Peparnas 2016

Logo PON Peparnas 2016BANDUNG – Sedikitnya 48 medali emas menjadi target yang akan diperjuangkan para atlet disabilitas Jawa Barat pada cabang olahraga atletik di ajang Pekan Paralympiade Nasional (Peparnas) XV/2016 Jawa Barat, 19-24 Oktober mendatang.

Target tersebut bersumber dari semua klasifikasi pada event yang diperlombakan yakni nomor lari, lompat jauh, lompat jangkit, lempar lembing, lempar cakram, loncat tinggi, dan tolak peluru.

“Kami menargetkan 48 medali emas dari semua nomor lomba. Mudah-mudahan tercapai karena setiap nomor ada atlet unggulan termasuk atlet yang juara di ASEAN Paragames. Target ini memang jauh lebih banyak dibanding Peparnas di Riau tahun 2012. Saat di Riau, kami meraih 22 medali emas karena nomor yang dilombakan lebih sedikit,” kata Yandi Sofyan, Pelatih Tim Pelatda Atletik Peparnas Jawa Barat.

Di sela memandu para atlet berlatih di Lintasan Atletik Pajajaran Kota Bandung, Yandi mengungkapkan, sebanyak 58 atlet kini tengah dipersiapkan untuk turun di seluruh nomor lomba. Para atlet terbagi pada empat jenis disabilitas yakni tuna netra, tuna grahita, tuna daksa (amputee), dan tuna rungu wicara.

“Persiapan atlet sebetulnya sudah dari dua tahun yang lalu. Tentu ada peningkatan karena banyak fasilitas yang diberikan. Sekarang persiapan sudah mencapai 80% dan tanggal 6 Mei rencananya masuk sentralisasi,” terang Yandi.

Pada nomor lari termasuk kelas kursi roda, selain sprint 100, 200 dan 400 m, diperlombakan pula lari jarak menengah 800 dan 1.500 m, serta jarak jauh 5.000 dan 10.000 m. Nomor lainnya adalah lari estafet 4 x 100 m.

Kata Yandi, para atlet disiapkan untuk turun pada nomor tertentu sesuai dengan prestasi dan kemampuan yang dimilikinya. Hanya saja, untuk turun sesuai klasifikasi belum bisa dipastikan saat ini lantaran masih bisa berubah. “Klasifikasi baru akan ditentukan tiga hari menjelang lomba,” ujarnya.

Di ajang Peparnas XV, total medali yang diperebutkan pada cabang atletik sebanyak 218 emas, 218 perak, 218 perunggu mencakup event putra maupun putri. [bar]

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI