Bale JabarHukum

Usai Gelar Perkara Status Rizieq Masih Saksi

Direskrim Polda Jabar. by XV/bbcom
Direskrim Polda Jabar. by XV/bbcom

BANDUNG – Kepolisian Daerah Jawa Barat belum menetapkan status tersangka kepada Riziq Shihab, atas kasus dugaan pecemaran nama baik dan penodaan lambang negara.

Kendati gelar perkara sudah beres tapi Imam besar FPI itu masih sebagai saksi. Penyidik masih memerlukan keterangan saksi dan bukti dokumen tambahan untuk menguatkan ?dua pasal yang disangkakan.

“Gelar perkara baru saja berakhir pukul 19.00 WIB. Adapun hasil gelas perkara adalah kemungkinan kita masih akan mencari beberapa saksi ahli dan dokumen sebagai pendukung supaya bisa membuat terang perkara ini,” jelas Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Yusri Yunus kepada wartawan di Mapolda Jabar, Senin (23/1/17).

Yusri menerangkan belum dinaikannya status hukum Rizieq karena polisi masih mengumpulkan bukti tambahan dan keterangan saksi serta berhati-hati menyidik kasus yang dilaporkan oleh Sukmawati Sukarno putri tersebut.

“Ini bentuk kehati-hatian kita dari tim penyidik, bentuk keprofesionalan kita dalam menyidik, agar bisa membuat terang perkara ini supaya bisa berlanjut sesuai dengan pasal persangkaan,” tukasnya.

Rizieq Shihab disangkakan dengan dua pasal yakni 154 dan pasal 320 KUHPidana. Dari kedua pasal tersebut polisi perlu mengumpulkan keterangan saksi termasuk memanggil lagi saksi yang sudah diperiksa untuk dimintai keterangan lagi. Guna menguatkan sangkaan, polisi juga akan menambah jumlah saksi untuk diperiksa termasuk dokumen pendukung.

“Ada beberapa dokumen yang harus dilengkapi dan tidak bisa saya sampaikan di sini. Ada sekitar 2 sampai 3 saksi lagi yang harus dilengkapi dan ditambahkan, termasuk yang sudah diperiksa akan kita ambil keterangan lagi,” urainya.

Pihaknya tengah berusaha menambah keterangan dari saksi yang berada di lokasi tempat Rizieq berdakwah. “Ada beberapa saksi di tempat kejadian perkara di Gasibu saat itu, untuk meyakinkan bahwa memang ada kegiatan tersebut. Karena pada saat diperiksa, terperiksa Rizieq Shihab sempat tidak mengakui, bahwa itu bukan dia dan kemungkinan editan. Nah, ini yang harus kita yakinkan betul untuk bisa mencari dan menambahkan keterangan,” papar Yusri.

Ia mengungkapkan penyidik Polda Jabar akan kembali menggelar kasus Rizeq Shihab dalam waktu dekat. “Tidak ada tenggat waktu sampai kapan, tapi kita akan bekerja cepat. Polisi akan profesional bekerja secepat mungkin, kita harapkan sebelum satu minggu ini sudah bisa kita lakukan gelar perkara kembali,” kata dia.

Polda Jabar memeriksa 3 orang saksi malam ini guna percepatan kasus Rizieq Shihab. “Sementara sudah ada tiga orang yang akan kita lakukakn pemeriksan malam ini. Mudah mudahan itu bisa menjadi suatu tambahan yang jelas,” ucapnya.

Imam Besar FPI itu rencananya akan dipanggil lagi oleh Polda Jabar, namun masih dengan statusnya sebagai saksi. “Kita akan panggil lagi, tapi dengan status sebagai saksi, sambil menunggu hasil gelar perkara terakhir,” pungkas Yusri.

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close