Selasa, Oktober 26, 2021
BerandaBale BandungWabup Bandung Prihatin Anji Simpan Ganja di Gunung Puntang

Wabup Bandung Prihatin Anji Simpan Ganja di Gunung Puntang

SOREANG, Balebandung.com – Kasus narkoba yang melibatkan musisi Erdian Aji Prihartanto alias Anji, kini tengah memasuki masa persidangan. Dalam persidangan perdana Rabu (15/9) lalu, terungkap bahwa Enji, diantaranya menyimpan ganja di bumi perkemahan Gunung Puntang, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung.

Menanggapi kasus Anji, Wakil Bupati Bandung Sahrul Gunawan mengatakan, tidak menyangka dan menyayangkan atas kasus yang menimpa sahabatnya itu. Namun Sahrul menegaskan dirinya sama sekali tidak mendukung perilaku penyalahgunaan narkoba.

“Saya tidak menyangka, tapi fakta persidangan menyatakan Anji menyimpan narkotika di Gunung Puntang Kabupaten Bandung. Saya sangat menyayangkan,” kata Wabup Bandung kepada wartawan, di Ciwidey, Kabupaten Bandung, Minggu (19/9).

“Saya kira ini accident aja, ya. Kita enggak akan pernah tahu, siapa dan di mana sesuatu itu terjadi yang berkaitan dengan narkoba. Jadi saya kira, sahabat saya ini hanya menjadi korban dari penyalahgunaan narkoba dan kita doakan yang terbaik buat beliau,” ujarnya.

Sahrul mengaku belum update tentang kasus Anji, jadi harus crosscheck terlebih dulu. Dia mengaku prihatin dan berharap kasus Anji bisa segera ditangani.

Menurutnya, ganja tersebut ditemukan di kawasan yang akan dikembangkan oleh Anji dengan berat yang lumayan.

“Jika memang betul dan itu unsur kesengajaan, ya saya tidak melihat itu siapa dan apakah jadi bagian orang terdekat saya atau tidak, saya sangat tidak setuju,” kata dia.

Jadi ke depan lanjutnya, fungsi pengawasan harus ditingkatkan, agar barang yang berbahaya bagi masyarakat tidak ada di Kabupaten Bandung

Menurut Sahrul, hal itu terjadi akibat dari kurang sinergitasnya antara Pemkab.Bandung dan perusahaan negara yang ada di wilayah ini. Apalagi, tanah yang ada di wilayah Kabupaten Bandung bukan hanya milik Pemkab melainkan ada yang punya BUMN dan swasta

“Harus ada kerja sama untuk mencegah tempat atau ruang masyarakat ada sesuatu yang tidak kita ketahui, katakanlah narkoba,” ungkap Sahrull.

Seperti dikabarkan, kasus narkoba yang menyeret penyanyi ini mulai disidangkan atas kepemilikan ganja.

Anji menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Barat, pada Rabu (15/9). Dalam sidang tersebut, Anji didakwa atas kepemilikan ganja dengan ancaman maksimal 12 tahun penjara.

Sementara dalam salinan dakwaan yang diterima wartawan, Anji diketahui menyimpan ganja di studionya di kawasan Cibubur, Jakarta Timur dan juga di Bumi Perkemahan Gunung Puntang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Kasus itu bermula saat Anji ditangkap pada 11 Juni sekitar pukul 19.30 WIB di studionya di kawasan Cibubur, Jakarta Timur. Di dalam studio tersebut, polisi menemukan sejumlah barang bukti.

Selain itu, polisi menemukan sejumlah barang bukti ganja lainnya di tempat singgah terdakwa Anji di Bumi Perkemahan Gunung Puntang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Di tempat tersebut ditemukan barang bukti berupa 8 plastik klip berisikan biji-biji daun ganja seberat neto 8,7100 gram, 1 plastik seberat 12,5244 gram, 7 kertas papir berbagai merek, 1 boks kardus mask stem eye/masker penutup mata, dan 1 buku berjudul ‘Hikayat Pohon Ganja’.

Berdasarkan hasil tes urine, Anji dinyatakan positif narkoba. Selanjutnya berdasarkan hasil rekomendasi BNN DKI Jakarta terhadap Anji, dilakukan rehabilitasi rawat inap selama 3 bulan di RSKO.

“Bahwa terdakwa dalam menggunakan narkotika jenis ganja tanpa izin dari pihak yang berwenang atau Menteri Kesehatan,” ujar jaksa.

Atas perbuatannya, Anji didakwa melanggar Pasal 111 ayat 1 UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dan Pasal 127 ayat 1 huruf a UU Narkotika.***(dr)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI