Rabu, Oktober 27, 2021
BerandaBale JabarWagub Buka CdM Meeting Peparnas

Wagub Buka CdM Meeting Peparnas

bb-demiz-peparnasBANDUNG – Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar membuka Chef de Mission (CdM) Meeting Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XV/2016 Jabar yang digelar di Bandung, 20-22 April 2016.

“Kegiatan CdM Meeting Peparnas 2016 ini merupakan yang kedua kalinya dan merupakan CdM Meeting terakhir. Pelaksanaan Peparnas akan digelar 15 hingga 24 Oktober 2016,” kata Deddy Mizwar di Bandung, Rabu (20/4/16) malam.

Kegiatan CdM Meeting Peparnas XV/2016 Jabar itu dihadiri oleh perwakilan pengurus teras National Paralympic Commitee Indonesia (NPCI) dari 34 provinsi di Indonesia. Pertemuan itu pula dihadiri oleh Ketua NPCI Nasional Senny Marbun serta perwakilan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Sebanyak 300 orang perwakilan hadir dan mendapat pemaparan tentang kebijakan dan layanan kepada peserta Peparna, pemaparan technical hand bool serta pemaparan pengklasifikasian.

Wagub Jabar menyatakan komitmen Jabar untuk menggelar Peparnas XV/2016 Jabar semeriah dan sebesar mungkin sekaligus menjadikan Peparnas terbesar sepanjang massa.

Peparnas XV/2016 menjadi Peparnas dengan jumlah nomor pertandingan terbanyak yakni 13 cabang olahraga dan dengan peserta terbanyak mencapai 2.355 atlet dari seluruh Indonesia. Cabang olahraga yang dipertandingkan adalah atletik, angkat berat, bola voli duduk, catur, tenis lapangan, tenis meja, sepak bola, bowling, panahan, renang, bulutangkis, judo  serta goal ball.

Pada kesempatan itu pula, disosialisasikan pula upacara pembukaan da penutupan perhelatan olahraga bagi para olahragawan difabel itu akan digelar di Stadion Siliwangi Bandung. Rencananya upacara pembukaan  akan dihadiri oleh mantan atlet paralimpik legendaris yang mengharumkan bangsa Indonesia di ajang pertandingan internasional.

Sementara itu Sekretaris Umum PB PON XIX/2016 dan Peparnas XV/2016 Jabar Ahmad Hadadi menyatakan, selain akan mendapat paparan tentang kesiapan Jabar sebagai tuan rumah Peparnas XV/2016 Jabar, juga para peserta CdM Meeting akan melakukan kunjungan ke sejumlah tempat pertandingan cabang olahraga Peparnas yang dipusatkan di Kota Bandung.

Sepertihalnya PON XIX/2016 Jabar, Peparnas XV/2016 Jabar juga mengusung tema besar Berjaya di Tanah Legenda dan mengusung misi untuk melahirkan legenda-legenda baru di cabang olahraga paralimpik.

Sementara itu Ketua Umum NPCI Senny Marbun menyatakan apresiasi kepada Jawa Barat sebagai tuan rumah yang telah berupaya maksimal untuk menggelar Peparnas XV/2016 menjadi ajang yang terbesar serta mengakomodasikan semua kebutuhan peserta.

“Kami sangat mengapresiasi upaya untuk menjadikan Peparnas sebagai ajang terbesar, dulu olahraga disabilitas dipandang sebelah mata namun kini bisa turut mengharumkan prestasi olahraga Indonesia,” kata Senny Marbun.

Ia menyebutkan, bukti kesungguhan dan prestasi atlet disabilitas Indonesia adalah dengan mencatar rekor tersendiri menjadi juara umum para ASEAN Paralympic Games 2013. “Semoga pelaksanaan Peparnas XV/2016 Jabar bisa kembali menjadi titik kejayaan olahraga disabilitas Indonesia,” harap Senny.[bar]

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI