Bale Jabar

Wagub Jabar Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum menghadiri talkshow “Membangun Negeri melalui Prestasi Olahraga, Menuju Olimpiade 2032” di UPI Bandung, Selasa (8/9/20). by Humas Jabar

BANDUNG, Balebandung.com – Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum menyatakan, Pemprov Jabar mendukung upaya Indonesia untuk menjadi tuan rumah ajang multievent olahraga terbesar di dunia, Olimpiade pada 2032.

Hal itu disampaikan Kang Uu dalam talkshow “Membangun Negeri melalui Prestasi Olahraga, Menuju Olimpiade 2032” di Ruang Rapat Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Kota Bandung, Selasa (8/9/20).

“Kalau kita akan menjadi tuan rumah Olimpiade 2032, kita harus sukses segalanya, sukses kegiatan, sukses atlet, dan sukses tanpa ekses,” ucap Kang Uu.

Untuk itu, lanjut Kang Uu, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Pertama, yakni membangun struktur yang baik mulai dari kepanitiaan hingga organisasi olahraga.

“Kedua, kita harus mempersiapkan infrastruktur sarana dan prasarana, ini sangat menunjang untuk kegiatan tersebut. Yang ketiga, harus adanya suprastruktur yaitu sebuah regulasi atau kebijakan yang berpayung hukum,” sebutnya.

Kang Uu pun mendorong organisasi-organisasi olahraga dan perguruan tinggi di Jabar untuk menyiapkan atlet-atlet andalan. Apalagi, Jabar mempunyai potensi atlet luar biasa baik di tingkat nasional maupun internasional.

“Oleh karena itu, Pemprov Jabar bekerja sama dengan organisasi-organisasi olahraga, perguruan tinggi, dan yang lainnya untuk mempersiapkan atlet-atlet terbaik, sehingga Jawa Barat memiliki nilai saat Indonesia melaksanakan Olimpiade tersebut,” ucap Kang Uu.

Terakhir, ia juga berharap ada dukungan dari para kepala daerah untuk turut memberikan perhatian dalam menyiapkan atlet juga memelihara sarana dan prasarana cabang olahraga di daerahnya masing-masing.

“Sehingga venue dan atlet tidak hanya menumpuk di wilayah Bandung Raya, tapi kabupaten/kota lain pun akan diberikan kepercayaan untuk melaksanakan (event olahraga). Oleh karena itu persiapan Olimpiade 2032 harus dari sekarang, termasuk di kabupaten/kota,” tutup Kang Uu.

Untuk diketahui, Indonesia melalui National Olympic Committee (NOC)-nya yaitu Komite Olimpiade Indonesia (KOI) mengajukan diri untuk mengikuti bidding tuan rumah Olimpiade 2032. Sebelumnya, Indonesia dinilai sukses menggelar hajat olahraga terbesar se-Asia, Asian Games, pada 2018 lalu.***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close