Bale Jabar

Wajah Baru Alun-alun Diharap Tingkatkan Indeks Kebahagiaan Warga Sumedang

Alun-Alun Sumedang dengan wajah baru, Sabtu (14/3/20) sore. by Humas Jabar

SUMEDANG, Balebandung.com – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil bersama Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir meresmikan wajah baru Alun-Alun Kabupaten Sumedang, Sabtu (14/3/20) sore.

Ini menjadi bagian dari program revitalisasi alun-alun di 27 kabupaten/kota di Jabar yang dilakukan Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar.

Ridwan Kamil sendiri yang merancang desain baru alun-alun ini. Revitalisasi Alun-Alun Sumedang menelan biaya Rp16 miliar dari APBD Provinsi Jabar.

Gubernur berharap dengan wajah baru alun-alun yang berada tepat di depan Masjid Agung Sumedang tersebut, bisa meningkatkan indeks kebahagiaan warga Sumedang.

“Mugi katampi karya dan niat baik dari kami (Pemda Provinsi Jabar). Mudah-mudahan indeks kebahagian masyarakat di Kabupaten Sumedang ini naik,” ucap Ridwan.

Kang Emil menambahkan, Alun-alun Sumedang memiliki konsep ruang publik yang lengkap dengan berbagai fasilitas, seperti arena bermain anak, ruang interaksi, hingga ada salah satu sudut tentang sejarah Sumedang Larang.

“Konsepnya khas dari saya. Jadi, selalu ada ruang pasif, banyak hijaunya, ada ruang aktif yang banyak perkerasannya. Ada ruang duduknya, kemudian ada sejarah bupati-bupati Sumedang, jadi ada pelajaran sejarah, ada ruang bermainnya,” urainya.

“Dan Masjid Agung Sumedang ini yang usianya sudah sepuh ini akhirnya terlihat lebih berwibawa lagi, karena tidak tertutupi oleh objek-objek seperti dulu,” jelas Kang Emil.

Dalam sambutannya, Kang Emil berpesan agar warga menjaga kebersihan dan ketertiban alun-alun yang baru ini. “Di alun-alun ini Sumedang ini, saya minta tong ngaruntah. Dan mudah-mudahan berikutnya saya datang ke sini (Sumedang) bisa meresmikan Pusat Kebudayaan yang ada di Rancakalong,” ucapnya.

Kang Emil mengungkapkan, Sumedang memiliki berbagai potensi luar biasa di bidang pariwisata. Untuk itu, selain wajah baru alun-alun dan pusat budaya yang dibangun di Rancakalong, diharapkan Sumedang bisa meningkatkan berbagai potensi keragaman wisatanya baik wisata alam maupun seni budaya.

“Saya sudah titipkan (ke Pemda Kabupaten Sumedang) untuk fokus ke pariwisata, karena memang potensinya luar biasa. Oleh karena itu, tinggal ditingkatkan lagi keragaman potensinya, selain alun-alun ada pusat budaya di Rancakalong, ada juga nanti bikin sebuah pusat wisata di Jatigede,” ujarnya.

“Dan tentunya suatu hari nanti Sumedang menjadi kabupaten yang paling maju dari sisi pariwisata. Apalagi kalau nanti Tol Cisumdawu beres ada lima sampai enam exit tol di Sumedang. Mudah-mudahan warga Sumedang semakin bahagia dengana adanya fasilitas ruang publik,” kata Kang Emil. ***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close