Bale JabarBale Kab Bandung

Waktu Satu Minggu, Anggota DPRD Diharuskan Menemui 500 Konstituen saat Reses

Ketua Komisi C, H. Yanto Setianto, saat melakukan dialog dan memberikan makanan kepada warga

Kab. Bandung. Balebandung.com — Kegiatan Reses Masa Sidang III, dikatakan Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Bandung dari Fraksi Golkar, H. Yanto Setianto, semuq anggota dalam waktu satu minggu diberi kesempatan menemui 500 orang konstituen.

“Kalau hari biasa mungkin tidak menjadi masalah dan bisa dilakukan secara leluasa,” katanya di Desa Sukamenak Kecamatan Margahayu, Jum’at (16/7/2021).

Alasannya dikatakan Yanto, di masa ancaman pandemi covid 19 semua masyarakat sudah diwajibkan selalu bersikap waspada dan mematuhi protokol kesehatan dalam upaya mentaati Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Meski situasi dan kondisi dalam keadaan penuh waspada, dia bisa melaksanakan reses sesuai dengan harapan ketika melakukan kunjungan langsung ke rumah warga. Hanya untuk pengangkutan makanan dia mengandalkan motor karena harus masuk gang dan pelosok.

Pada kunjungan itu, selain membagikan makanan dia melakukan dialog dengan warga. Melalui obrolan singkat itu yang hanya berdurasi 10 menit, dia mampu mewadahi semua aspirasi di wilayah tersebut.

Masyarakat menurutnya, mengeluhkan masalah pengangguran baru akibat di PHK perusahaan, bantuan sosial yang tidak difahami, perbaikan infrastruktur, pengusiran pedagang-pedagang kecil yang mengakibatkan kesulitan untuk memenuhi kebutuhannya. Juga masalah PPKM darurat yang diterapkan pemerintah.

“Semua aspirasi itu sudah saya tampung dan dijadikan catatan untuk kinerjanya nanti. Karena aspirasi dari warga itu merupakan bagian dari pelayanan anggota DPRD,” ujar dia.

Namun yang lebih prioritas dari kegiatan reses, disebutkan Yanto, yaitu mengedukasi masyarakat untuk mematuhi dan menjalankan protokol kesehatan di masa pandemi covid ini.

Termasuk melakukan pendataan bagi warga terdampak covid atau yang tengah menjalani isolasi mandiri, yang diungkapkan dia menjadi tanggung jawab semua pihak untuk memberikan kebutuhan hidupnya. [Kia].

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close