Bale KBB

Warga Lembang dan Subang Beraktifitas Seperti Biasa Pasca Erupsi Tangkuban Perahu

BANDUNG, Balebandung.com – Pasca erupsi Gunung Tangkuban Parahu pukul 15.48 WIB, warga di kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat tetap beraktifitas seperti biasa.

Salah seorang warga Ichsan, pukul 15.30 memang ada imbauan dari petugas kelurahan. “Ada imbauan agar warga Lembang ke atas (arah gunung),” jelas Ichsan saat dihubungi, Jumat (26/7) sore .

Ichsan menambahkan, Warga di Lembang secara umum tidak terganggu kabar erupsi. “Tetap beraktifitas seperti biasa,” jelasnya. Menurutnya warga menunggu sosialisasi pemerintah provinsi terkait dampak dan bahaya erupsi Tangkuban Parahu. “Kalau pemkab Bandung Barat, sering ada sosialisasi. Kalau dari pemprov belum pernah ada,” jelasnya.

Sementara itu sebaran abu erupsi gunung Tangkuban Parahu juga dipastikan tidak sampai ke wilayah Kabupaten Subang. Pantauan pasca kejadian erupsi pukul 15.48 sore tadi, abu erupsi hanya sampai ke jarak satu km yang masuk wilayah Kabupaten Subang, setelah gerbang Tangkuban perahu.

Dandim 0605 Subang, Letkol Inf Edi Maryono saat dikonfirmasi menjelaskan, hasil pengecekan anggota di lapangan menyebutkan Kabupaten Subang dalam keadaan aman pasca erupsi.

Bahkan, kawasan wisata Ciater yang berjarak 5 km, aman dari abu erupsi. “Ciater jaraknya 5 km, masih aman, dan tak ada dampak yang ditimbulkan dari erupsi sore tadi,” jelas Dandim.

Kendati begitu jajaran Kodim 0605 Subang terus bersiaga bersama Pemkab Subang, guna memantau perkembangan Gunung Tangkuban Parahu. “Personel siaga bencana kami siapkan, untuk memantau terus perkembangan gunung Tangkuban perahu,” pungkas Dandim. ***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Close
Back to top button
Close