Rabu, Oktober 27, 2021
BerandaBale Kota Bandung3 Napi Provokator Rusuh Lapas Banceuy Diamankan

3 Napi Provokator Rusuh Lapas Banceuy Diamankan

bb-lapas-banceuy-bakarBANDUNG – Kepolisian Resor Kota Besar Bandung mengamankan tiga narapidana yang diduga sebagai provokator dalam kerusuhan hingga menimbulkan terbakarnya Lembaga Kantor Pemasyarakatan (Lapas) Banceuy, Kota Bandung, Sabtu (23/4/16).

“Ada yang provokator tiga diamankan, yang empat saksi untuk diambil keterangan,” kata Kepala Polrestabes Bandung Kombes Pol AR Yoyol saat meninjau lokasi kebakaran dan situasi dalam Lapas Banceuy, Sabtu (23/4/16).

Kapolrestabes mengatakan provokator dan saksi sudah dibawa ke Markas Polrestabes Bandung untuk menjalani pemeriksaan hukum lebih lanjut. Ketiga provokator itulah menurut Yoyol yang menggerakkan massa narapidana untuk melakukan kerusuhan. “Kita amankan karena waktu itu dia menggerakan temannya,” kata dia.

Pihaknya juga sedang menyelidiki terus kasus kerusuhan tersebut dan melakukan visum terhadap korban dalam kerusuhan itu. Terkait hasil visumnya, kata Yoyol, tidak dapat dipublikasikan kepada publik karena masih dalam tahap penyelidikan. “Ada pun visum tidak akan kita sampaikan, tapi nanti di pengadilan,” tukasnya.

Selain narapidana, kata Yoyol, dua petugas sipir juga dimintai keterangan oleh polisi karena yang mengetahui langsung kejadian tersebut. “Sipir yang dimintai keterangan karena mengetahui langsung kejadiannya,” terangnya.

Sebelumnya penghuni Lapas Banceuy yang terlibat kerusuhan melakukan pembakaran fasilitas lapas sehingga mengakibatkan kerusuhan di lapas itu, Sabtu sekitar pukul 08.00 WIB. Selanjutnya pihak Lapas meminta bantuan kepada polisi untuk mengatasi kerusuhan.

Pihak kepolisian ada yang mengalami luka ketika berusaha mengamankan para narapidana yang melakukan perlawanan. Selain polisi, mobil pemadam kebakaran juga diturunkan untuk memadamkan kobaran api di dalam gedung tersebut. [mpur]

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI