Selasa, Oktober 19, 2021
BerandaBale KBBAsikkk… Saat GMT Observatorium Bosscha Dibuka Gratis untuk Umum

Asikkk… Saat GMT Observatorium Bosscha Dibuka Gratis untuk Umum

ilustrasi/net
ilustrasi/net

LEMBANG – Observatorium Bosscha di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, menggratiskan bagi masyarakat umum yang ingin menyaksikan Gerhana Matahari Total (GMT) pada Rabu (9/3/16).

Staf Observatorium Bosscha Evan Irawan Akbar mengatakan GMT merupakan peristiwa langka sehingga pihaknya begitu antusias untuk menyaksikan fenomena alam ini. Bahkan monitor untuk menyiarkan secara langsung pengamatan GMT yang dilakukan dari Poso, Sulawesi Tengah juga sudah disiapkan.

“Kami mempersilahkan jika masyarakat ingin melihat langsung fenomena ini dari Bosscha,” ucap Evan, Senin (7/3/16).

Evan mengungkapkan masyarakat bisa datang ke Bosscha pagi-pagi karena pengamatan akan dimulai dari pukul 06.20 WIB hingga 08.20 WIB. Pihaknya juga sudah menyiapkan sebanyak 3 unit teropong dan 100 buah kacamata khusus untuk melihat GMT nanti.

Nantinya pengamatan di Bosscha akan dilakukan dari lapangan tenis yang ada di kawasan ini. Kendati di Bandung tidak akan mendapatkan GMT secara total namun peristiwa itu bisa masih bisa diamati dari Bandung. Sedangkan fenomena ini akan terlihat jelas dari Poso, Belitung, dan Palembang.

“Untuk mendukung pengamatan ini beberapa staf dari Bosscha sudah disebar ke berbagai wilayah di Indonesia untuk melakukan pengamatan khususnya di wilayah-wilayah yang terlintasi fenomena alam ini,” terangnya. (fik)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI