Bale Jabar

Gempa Banten Tidak Timbulkan Tsunami

BANDUNG, Balebandung.com, – Basarnas Jawa Barat mengumunkan hingga sejauh ini gempa yang berpusat di Sumur Banten tidak menimbulkan tsunami. Basarnas merilis kondisi air laut Pantai Merak Banten yang masih stabil hingga pukul 19.40 WIB atau lebih dari 20 menit pascagempa terjadi.

Hal ini dibuktikan dengan ketinggian air laut di Pantai Merak Banten masih normal dan air laut tidak surut. “Dihimbau agar masyarakat tidak membuat dan menyebarkan info yang hoax. Diharapkan pula kita semua dalam menanggapi kejadian gempa di Banten untuk berperan aktif juga menangkal hoax. Kita berdoa bersama agar kembali aman dan kondusif,” ucap Kabag Humas dan Protokol Basarnas Jabar, Joshua Banjarnahor dalam rilisnya, Jumat (2/8/19) malam.

Sementara itu sampai pukul 21.19 WIB di wilayah Palabuhanratu dan sekitarnya, kondisi air laut juga normal.
Sebagian warga yang tinggal di sepadan garis pantai mengungsi ke tempat aman.

BMKG juga merilis peringatan dini tsunami yang disebabkan gempa Mag:7.4, 02-Agu-19 19:03:25 WIB, dinyatakan telah berakhir pukul 21.40 WIB.

Gempa mengguncang wilayah Jawa Barat berpusat di Banten mencapai 7.4 Scala Richter terjadi pukul 19.03 WIB, Jumat (2/8/19). Guncangan gempa terasa cukup kuat di Bandung Raya, dan Jawa Barat pada umumnya dalam waktu sekitar 15 detik.

Informasi BMKG menyebut episenter atau lokasi pusat gempa di 7.54 LS,104.58 BT (147 km BaratDaya SUMUR-BANTEN), Kedalaman:10 Km, berpotensi tsunami.***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close