Selasa, Mei 21, 2024
BerandaBale BandungLampaui Target 2023, Geo Dipa Patuha Catat Pendapatan 112%

Lampaui Target 2023, Geo Dipa Patuha Catat Pendapatan 112%

SOREANG, Balebandung.com – PT Geo Dipa Energi (Persero) Unit Patuha berhasil meraih kinerja gemilang selama tahun 2023, dengan mencatatkan produksi panas bumi (geothermal) sebesar 498 gigawatt hour (GWh).

Public Relation Spv Geo Dipa Patuha, Maria Rahmawati mengatakan, pencapaian lainnya juga berkontribusi terhadap pengurangan emisi hingga ± 4.054,7 ton CO?eq.

“Selain prestasi dalam hal pencapaian produksi, Geo Dipa Patuha juga memperoleh pendapatan sebesar 112% melampaui target 2023,” imbuh Maria dalam keterangannya, Kamis (4/1/2024).

Pencapaian dari sisi keuangan tersebut didukung oleh pencapaian di lini usaha dengan menerapkan cost optimization.

“Untuk mengembangkan bisnis perusahaan, sampai dengan tahun 2023 Geo Dipa telah menyelesaikan pengeboran 11 sumur pengembangan di area Patuha oleh team Project Management Unit (PMU),” ungkap Maria.

Dalam usaha mencapai sasaran bisnisnya, PT Geo Dipa Energi (Persero) sangat memprioritaskan aspek HSSE (Health, Safety, Security and Environment), sebagai pedoman dalam semua kegiatan operasional.

“Tercatat kinerja HSSE sebesar 7.644.161 jam kerja aman (zero lost time incident) sejak PLTP Patuha mulai berproduksi dari tahun 2014,” sebut Maria.

Selain itu, terdapat efisiensi energi sebesar 16.424.100 kwh dan lebih dari 33.670 kg sampah organik termanfaatkan (semua sampah – residu).

Atas konsistensinya dalam penerapan HSSE, Geo Dipa Patuha berhasil meraih berbagai penghargaan. Di antaranya peringkat Proper Hijau dari Kementerian LHK, Peringkat Aditama Bidang Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dari Ditjen EBTKE Kementerian ESDM, Peringkat Aditama Bidang Lindungan Lingkungan (LL) dari Ditjen EBTKE Kementerian ESDM.

Kemudian Bendera Emas SMK3 dari Kemenaker selama 2 kali berturut-turut, Penghargaan Kecelakaan Kerja Nihil dari Kemenaker dan dari Gubernur Jawa Barat, Penghargaan Panitia Pembina K3 (P2K3) Kategori Platinum dari Gubernur Jawa Barat.

Penghargaaan Program pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS kategori Silver dari Kemenaker dan dari Gubernur Jawa Barat untuk kategori Platinum, serta Penghargaan Inspirasi Hijau dan Perusahaan Sehat dari Bupati Bandung.

Lebih lanjut, Geo Dipa Patuha fokus mengembangkan berbagai program Corporate Social Responsibility (CSR) unggulan di area operasi. Antara lain Pengembangan UMKM Makanan Ringan di Desa Panundaan, Pengembangan UMKM Seni di Desa Panundaan, Sinergi Kopi Sugihmukti, Desa Wisata Alamendah dan TPS3R di Desa Sugihmukti, Kelompok Desa Wisata Alamendah.

“Ada juga program lainnya yang bersifat charity dan perbaikan infrastruktur seperti bantuan ketahanan pangan untuk warga, penanggulangan stunting, serta pemasangan listrik gratis, sehingga turut berkontribusi dalam program pemerintah,” urai Maria.

Program CSR yang diimplementasikan Geo Dipa Patuha di tahun 2023 memberikan kontribusi kepada lebih dari 3.500 penerima manfaat.

“Atas pencapaian di tahun 2023, juga membawa Geo Dipa Patuha meraih 10 penghargaan di tahun 2023. Semoga dapat memberikan manfaat bagi seluruh pemangku kepentingan dan berharap kinerja perusahaan akan lebih baik lagi di tahun 2024,” ucap Maria.***

BERITA LAINYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERKINI

spot_img