Selasa, Oktober 19, 2021
BerandaBale BandungPDAM Tirta Raharja Rayakan HUT ke-39

PDAM Tirta Raharja Rayakan HUT ke-39

bb-pdam-tirta-raharjaBANDUNG – PDAM Tirta Raharja Kabupaten Bandung mulai 1 hingga 31 Maret ini menggelar sejumlah kegiatan guna mendukung kampanye Hari Air Sedunia 22 Maret 2016. Kegiatan dilaksanakan sekaligus menyambut Hari Jadi PDAM Tirta Raharja ke- 39 pada 31 Maret 2016.

Sejumlah event yang dirancang dan dilaksanakan antara lain pertandingan olahraga antar PDAM, antar cabang, fun walk, go green, lomba lukis, donor darah, bakti sosial, penanaman pohon di lokasi-lokasi sumber air potensial, dan kegiatan lainnya.

“Kami berharap pelaksanaan kegiatan ini dapat didukung oleh sejumlah pihak, sehingga kegiatan ini berjalan sukses. Kami berharap pula masyarakat dapat ikut berpartisipasi dalam lomba lukis kategori anak SD kelas 1 sampai kelas 6 dan Lomba Photography untuk umum,” kata Kabag Humas dan Hukum PDAM Tirta Raharja Dadang Supriadi dalam rilisnya di tirtaraharja.co.id.

Dadang mengungkapkan, PDAM Tirta Raharja selama ini belum pernah merayakan hari jadinya dari sejak dibentuk PDAM pada tanggal 31 Maret 1977 melalui Perda Kabupaten Bandung No. XVII Tahun 1977.

PDAM Tirta Raharja sejarahnya didirikan tahun 1926 dengan nama Water Leiding Bedrijf, diperuntukkan memenuhi kebutuhan air bersih komunitas Belanda di Cimahi dan Lembang.

Hingga pada perkembangannya, di tahun 1977 dibentuk dengan Perda Kabupaten Bandung No. XVII Tahun 1977 dan disahkan dengan Keputusan Gubernur Tingkat I Jawa Barat No.510/H.K/011/SK/77. Perda ini diuubah untuk pertama kalinya pada tahun 2005 berupa Peraturan Daerah Kabupaten Bandung Nomor 5 tahun 2005 tentang Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Raharja Kabupaten Bandung.

PDAM Tirta Raharja Kabupaten Bandung mempunyai tugas pokok dan fungsi memberikan pelayanan air bersih untuk masyarakat Kabupaten Bandung. Namun dalam perjalanan waktu terjadi pemekaran wilayah Kota Cimahi pada tahun 2001, dan Kabupaten Bandung Barat pada tahun 2007, sehingga wilayah pelayanan PDAM Tirta Raharja secara administratif meliputi 3 daerah otonom yaitu Kabupaten Bandung , Kota Cimahi, dan Kabupaten Bandung Barat. Hali ini merupakan peluang untuk pengembangan pelayanan air minum dengan potensi demand yang tinggi untuk dapat dilayani PDAM Tirta Raharja.

Sebagai salah satu pemicu perkembangan ekonomi masyarakat diharapkan PDAM Tirta Raharja Kabupaten Bandung dapat dijadikan salah satu parameter peningkatan Indek Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Bandung pada sektor kesehatan dan peningkatan taraf hidup. (iwa)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI