Bale JabarPendidikan

Kontingen UIN SGD Bandung Baru Raih 3 Medali

BANDUNG, Balebandung.com – Hari pertama digelar Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset (Pionir) IX Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKIN) se-Indonesia yang berlangsung di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Kontingen UIN SGD Bandung baru berhasil mendapatkan tiga mendali: 1 emas pada cabang Inovasi Media Pembelajaran, 1 perak pada cabang Karate Putra, 1 perunggu pada cabang Karate Putri.

“Alhamdulillah berkat doa dan dukungan dari semua pihak. Untuk hari pertama baru mendapatkan satu emas pada Media Pembelajaran, satu perak pada Karate (Kata) Putra dan satu perunggu pada Karate (Kata) Putri,” ucap Rektor UIN SGD Bandung, Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si didampingi Kepala Bagian Kemahasiswaan, Wawan Gunawan, M.M., Selasa (16/6/19).

Ketiga peraih juara medali itu, Yuran Ramadhan, mahasiswa Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) sebagai Juara I pada cabang Inovasi Media Pembelajaran; Dani Rafiq, mahasiswa Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) sebagai juara II pada cabang Karate (Kata) Putra; Nashihatul Insyiroh Tawwabin, mahasiswi Agroteknologi Fakultas Sains dan Teknologi (FST) sebagai juara III pada cabang Karate (Kata) Putri.

Pionir IX UIN Maulana Malik Ibrahim Malang ini memperlombakan dan mempertandingkan bidang ilmiah, olahraga, seni, dan riset. Untuk bidang ilmiah meliputi Debat Bahasa Arab, Debat Bahasa Inggris, Musabaqah Makalah Qur’ani (MMQ) dan Musabaqah Qiraatul Kutub (MQK).

Cabang olahraga meliputi futsal, volley ball, tenis meja, bulu tangkis, catur, panjat dinding, takraw, pencak silat, basket, dan karate.

Bidang seni meliputi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ), Musabaqah Syarhil Quran (MSQ), Kaligrafi, Pop Solo Islami, Desain dan Peragaan Busana Muslim, Puitisasi Alquran, dan marawis. Bidang riset meliputi karya tulis dan karya inovatif mahasiswa.

Akumulasi perolehan medali sementara, 1. UIN Sunan Gunung Djati tiga medali, 2. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang 2 medali, 3. UIN Raden Fatah Palembang 2 medali, 4. IAIN Tulungagung 1 medali, 5. STAIN Bengkalis 1 medali.

Pesan Rektor untuk Kontingen

Rektor UIN SGD Bandung, Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si mengingatkan kepada kontingen untuk mengikuti segala proses perlombaan sesuai aturan, tatacara dan mengedepankan akhlak karim dalam meraih target sebagai juara yang sesuai dengan ridho Allah.

“Saya titip kepada seluruh peserta untuk tetap menjaga akhlaknya, karena Pionir itu ajang silaturahmi dan syiar berdakwah di lingkungan PTKIN, sehingga keberadaan kontingen UIN SGD Bandung menjadi teladan bersama dalam mengedepankan akhlak karim,” pesannya kepada 151 peserta kontingen.

Luruskan niat karen Allah, ikuti segala proses perlombaan sesuai aturan, tatacara dan mengedepankan akhlak karim dalam meraih target sebagai juara yang sesuai dengan ridho Allah menjadi poin penekanan rektor kepada kontingen.

Sebelumnya acara pelepasan keberangkatan peserta kontingen terdiri dari 108 atlet, 43 official, pelatihan dan pendamping diawali dengan melaksanakan shalat Magrib dan Isya berjamaah dipimpin H. Abdul Mujib, S.Ag, M.Ag, di Mesjid Iqomah, Kampus I, Jln. A.H. Nasution 105 Kota Bandung, Sabtu (13/7/2019) malam.***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close