Bale Kota BandungPamong

Tegalega Dibangun 4 Tahap

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil saat meninjau progres pembangunan Taman Konservasi Tegalega, Rabu (8/2). by Meiwan Humas Pemkot Bandung
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil saat meninjau progres pembangunan Taman Konservasi Tegalega, Rabu (8/2). by Meiwan Humas Pemkot Bandung

BANDUNG – Taman Konservasi Tegalega bakal punya wajah baru. Pemerintah Kota Bandung tengah menyulap kawasan tersebut menjadi ruang publik baru. Pembangunan arena Tegalega akan dibangun dalam 4 tahap. Saat ini, pembangunan tahap I sedang dilaksanakan di beberapa titik, yakni di jalur tengah hingga ke monumen dan lapangan upacara.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil saat meninjau progres pembangunan tersebut, Rabu (8/2/17) mengatakan, luasnya Taman Tegalega ini membuat penataan tidak bisa dilakukan sekaligus dalam satu kali konstruksi. Soalnya dari segi biaya, idealnya pemerintah kota harus menganggarkan Rp88 miliar untuk menuntaskan pembangunan ini. Oleh karena itu, pihaknya harus mencicil tiap tahun untuk menata dengan sistem zonasi.

“Sementara yang dikasih tahun kemarin Rp15 miliar, tahun ini Rp15 miliar,” sebut Ridwan. Ia pun memprediksi pembangunan ini bisa selesai dalam 4 tahun.

Perihal pendanaan, ia menyatakan tidak bisa mengandalkan dana CSR karena jumlahnya yang begitu besar. Sistem pembiayaan dengan skema Public-Private Partnership pun menurutnya kurang sesuai, sebab skema tersebut diperuntukkan bagi infrastruktur fundamental, seperti flyover. “Yang gini-gini mah dicicil aja,” ujar Ridwan.

Penataan taman konservasi Tegalega ini merupakan proyek pembangunan taman terbesar di Kota Bandung. Tahap kedua akan dilaksanakan setelah proses lelang selesai. Pada tahap ini, perbaikan akan dilakukan di sisi Jalan Moh. Toha dan jalur pedestrian. “Nah, itu baru segitu, karena lahannya luas banget,” tunjuknya.

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, Pertanahan, dan Pertamanan Arif Prasetya S menuturkan, pihaknya membagi zona kerja menjadi tiga bagian, yakni bagian plaza dan boulevard, bagian permainan anak-anak, bagian olahraga, dan layanan parkir.

“Tahap satu kita sudah selesai di plaza dan boulevard. Namun sementara tidak bisa digunakan sebelum tahap dua ini beres,” tutur Arif. Ia mengungkapkan, total luas lahan yang terkena penataan ada sekitar 11 hektar, di mana 7 hektar dikerjakan pada tahap satu, 4 hektar sisanya akan digarap pada tahap kedua.

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close