Bale Kab BandungPeristiwa

10 Ha Hutan di Ibun Terbakar

Kebakaran hutan di kawasan BKSDA, Bukit Pasir Tengah, Desa Laksana, Kec. Ibun Kab. Bandung, Minggu (27/8). by bb80
Kebakaran hutan di kawasan BKSDA, Bukit Pasir Tengah, Desa Laksana, Kec. Ibun Kab. Bandung, Minggu (27/8). by bb80

IBUN – Personel Kepolisian Sektor Ibun Polres Bandung bersama petugas dari BKSDA Jabar padamkan hutan yang terbakar di kawasan BKSDA, Bukit Pasir Tengah, Desa Laksana, Kec. Ibun Kab. Bandung yang terjadi sekitar pukul 18.30 WIB, Minggu (27/8/17).

Kapolsek Ibun IPTU Asep Dedi mengatakan kawasan BKSDA itu banyak ditumbuhi ilalang. Tiupan angin yang cukup kencang membuat api belum bisa dipadamkan hingga tengah malam.

“Jadi, Senin (28/8) subuh tadi, titik api sudah tidak terlihat dan kami bersama dengan BKSDA, juga unit pemadam kebakaran Pertamina, berjibaku untuk memadamkan api agar tidak meluas ” kata Kapolsek. Asep menyebut kurang lebih 10 hektar dan jarak antara titik kebakaran dengan pemukiman penduduk kurang lebih 7 km.

“Dugaan kami kebakaran lahan ini akibat musim kemarau yang panjang dan terik matahari, sampai akhrinya menyebabkan terbakarnya lahan yang ditumbuhi ilalang kering,” jelasnya.

Pada Senin (28/8) siang ini petugas dari Polres Bandung, Polsek Ibun, BKSDA, Muspika dan masyarakat Ibun, Perhutani, akan mengecek penyebab kebakaran. Untuk selanjutnya berencana membentuk Tim Satgas Penanggulangan Kebakaran Hutan, yang pos pemantaunya berada di Kamojang Kec. Ibun, Kab. Bandung.

Kabag Ops Polres Bandung Kompol Widi Setiawan, SIK, MIK menambahkan, menyikapi kebakaran yang terjadi di Ibun, pihaknya menginstruksikan para Kapolsek melakukan koordiansi dengan instansi terkait. Antara lain BKSDA, BPBD dan Damkar, agar menyiapakn alat-alat pemadam kebakaran, membuat parit parit penampung air di kawasan dan membangun pos-pos pemantauan di sekitar kawasan tersebut.

“Para Kapolsek juga harus melakukan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat sekitar kawasan untuk tidak melakukan pembakaran lahan atau hutan,” tandas Widi.

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close