Bale Kab BandungGaya HidupKesehatan

BPJS Kesehatan Soreang Check Spot Peserta PBI-JK

Kabid Perluasan Peserta dan Kepatuhan BPJS Kesehatan Cabang Soreang, Zulensi, saat spot check langsung ke warga Kampung Kubang, Kec Soreang Kab Bandung (26/9/18). By BPJS

SOREANG – Dalam rangka memastikan Kartu Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) khususnya dari segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI), telah terdistribusi secara tepat sasaran kepada masyarakat.

Kepala Bidang Perluasan Peserta dan Kepatuhan BPJS Kesehatan Cabang Soreang, Zulensi, telah melakukan spot check langsung ke Kampung Kubang, Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung (26/9/18).

Selain untuk memastikan kartu sudah diterima oleh pemiliknya, BPJS Kesehatan juga memastikan identitas dalam kartu sesuai dengan data KK maupun e-KTP dan menanyakan pengalaman serta kendala dalam mengakses pelayanan JKN-KIS.

Dalam kegiatan spot check ini, Zulensi bersama salah satu petugas penagihan dan keuangan melakukan kunjungan secara acak ke tempat keluarga yang tinggal di daerah tersebut. Dari hasil kunjungan didapat informasi keluarga yang telah dikunjungi telah menerima kartu JKN-KIS sesuai nama dan alamat yang tertera. Mereka pun merasa senang telah mendapat kunjungan langsung dari BPJS Kesehatan dan mengaku puas dengan Porgram JKN-KIS.

Seperti yang diungkapkan Idah Hamidah (53), warga setempat yang jadi peserta JKN-KIS. “Alhamdulillah, sangat terbantu. Beberapa kali berobat ke Rumah Sakit di Soreang, dan tidak ada biaya. Saya juga rutin ke puskesmas karena rematik yang diderita. Alhamdulillah pelayanannya baik, begitu juga dengan anak saya beberapa bulan kemaren baru melahirkan, dan tetap dijamin oleh BPJS Kesehatan,” ungkap Idah.

Usai melakukan spot check Zulensi pun menyatakan masyarakat kita masih banyak yang masih membutuhkan uluran bantuan dari pemerintah. “Kalau kita perhatikan masyarakat masih membutuhkan bantuan dari pemerintah terkait pogram JKN-KIS, karena jika kita lihat taraf hidupnya memang perlu dibantu baik dari segi kesehatan mau pun program-program lainnya,” ucap Zulensi.

Zulensi pun mengatakan dari hasil spot check distribusi kartu sudah baik, namun masyarakat masih ada yang belum mengerti tentang cara menggukan kartu JKN-KIS dengan baik sehingga ke depan diharapkan semua pihak bisa lebih berperan aktif dalam mensukseskan Program JKN-KIS ini.

“Untuk Kartu JKN-KIS terdistribusi dengan baik. Baik lurah dan desa telah memberikan (kartu JKN-KIS) kepada masyarakat yang membutuhkan, walaupun masih ada masyarakat yang masih membutuhkan, masih belum dapat, itu yang perlu ditindaklanjuti. Yang perlu di tingkatkan adalah sosialisasi dan manfaat dari Program JKN-KIS,” kata Zulensi.

Pihaknya berharapan terkait sosialisasi program JKN-KIS ini, peran aktif dari semua pihak, dari BPJS kesehatan, dari Fasilitas Kesehatan dan dari pemerintah, karena kartu ini tidak hanya didistribusikan, namun juga harus diinformasikan bagaimana cara menggunakannya.

“Sebaiknya menjaga kesehatan sebelum datang sakit. Nah, masalah ini masyarakat belum terpapar, mereka berfikir kalau sakit baru mencari fasilitas kesehatan. Kita harapkan mereka bisa mencegah datangnya sakit dengan cara berkunjung ke fasilitas kesehatan sebelum sakit, lebih kepada promotif dan preventif,” pesan Zulensi.***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close