Kamis, Oktober 28, 2021
BerandaBale JabarBupati Purwakarta Terima Warga Korban Longsor

Bupati Purwakarta Terima Warga Korban Longsor

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi menerima warga korban longsor Desa Cisalada, Jatiluhur, Purwakarta. Rabu (9/3/16).
Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi menerima warga korban longsor Desa Cisalada, Jatiluhur, Purwakarta. Rabu (9/3/16).

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengingatkan untuk selalu waspada terhadap bencana apalagi hujan yang terus melanda Purwakarta, terutama daerah-daerah yang termasuk rawan longsor seperti sebagian Kecamatan Jatiluhur, Tegalwaru, Maniis, Sukatani, Darangdan dan Plered.

Menurut bupati, Purwakarta merupakan salah satu daerah rawan longsor karena kontur tanahnya.”Apalagi Purwakarta termasuk salah satu wilayah patahan, sehingga rentan terhadap pergeseran tanah,” imbuh Dedi saat menerima korban longsor di Desa Cisalada, Jatiluhur, Purwakarta. Rabu (9/3/16).

Untuk menimalisir terjadinya longsor, Dedi mengingatkan adanya resistansi pergerakan tanah. “Mengapa saya meminta di-close untuk penebangan,galian atau tambang, ya itu, bila dibiarkan dalam jangka panjang akan terjadi kerusakan,” ujarnya.

Longsor di Cisalada beberapa waktu lalu, menurut Dedi merupakan longsor akibat adanya peralihan saluran air, sehingga mengakibatkan rembesan dan ke depan saluran tersebut akan langsung dinormalisasi

“Untuk di Cisalada, karena adanya perubahan jalur saluran pembuangan air, sehingga mengakibatkan rembesan dan kita akan langsung menormalisasi agar kejadian serupa tidak terjadi lagi,” tuturnya.

Sedangkan untuk bantuan korban longsor, Dedi langsung memberikan bantuan berupa perbaikan rumah yang terkena longsoran. “Kita akan bantu, untuk pembersihan tanah dahulu dan nanti kita akan bantu perbaikan rumahnya juga yang ambrol kena longsor”, kata dia.

Sebelumnya Senin (7/3) lalu warga Kp. Cijenggot RT 08/02 Desa Cisalada Kecamatan Jatiluhur, dikejutkan dengan longsor yang menimpa beberapa rumah warga. Salah satu diantaranya adalah rumah Oman Karta Miharja (45), yang terkena dampak paling parah karena dinding bagian dapur rumahnya jebol diterjang longsoran tanah.

Oman menyebutkan longsor terjadi akibat adanya rembesan dari saluran air dari Cilamega. “Akibat adanya perubahan saluran air serta hujan besar, maka terjadi jadi rembesan. Karena tidak kuat tanahnya lalu menimpa rumah saya,” tutur Oman.

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI