Thursday, September 23, 2021
HomeBale BandungCakra Amiyana Dilantik Jadi Sekda Kab Bandung

Cakra Amiyana Dilantik Jadi Sekda Kab Bandung

Bupati Bandung Dadang Supriatna melantik Dr. Cakra Amiyana, ST. MA, sebagai Sekda Kabupaten Bandung definitif, di Rumah Jabatan Bupati Bandung di Soreang, Senin (2/8/21). by bbcom

SOREANG, Balebandung.com – Bupati Bandung Dadang Supriatna melantik Dr. Cakra Amiyana, ST. MA, sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten definitif, di Rumah Jabatan Bupati Bandung di Soreang, Senin (2/8/21).

Pelantikan berlangsung secara hybrid dengan tamu undangan yang hadir dibatasi. Sementara undangan lainnya menyaksikan melalui zoom meeting. Cakra Amiyana sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bandung,

Dilantiknya Cakra Amiyana menjabat Sekda Kabupaten Bandung sebelumnya sudah disetujui Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dalam surat bernomor 821/3948/SJ tentang Persetujuan Pengangkatan dan Pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung. Persetujuan Mendagri tersebut disampaikan kepada Gubernur Jawa Barat dan Bupati Bandung.

“Alhamdulillah, setelah mendapat persetujuan dari Mendagri, maka Dr Cakra Amiyana, ST.MA, yang menjabat Kepala Bappeda Kabupaten Bandung, sudah lantik menjadi Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung definitif, sebelum bulan Agustus,” ucap Bupati Bandung.

Bupati menyatakan pelantikan sekda definitif ini bertepatan dengan berakhirnya Program 99 Hari Kerja Bupati Bandung.

Untuk sekda yang baru, Dadang Supriatna berharap hingga Desember 2021 bisa menyelesaikan tiga tahapan pekerjaan dengan bekerja cepat.

Pertama, sebut Kang DS, sapaan bupati, Sekda Cakra Amiyana harus menyelesaikan APBD Perubahan 2021. Kedua, persiapan rotasi untuk pejabat Eselon II dan III.

“Rotasi eselon ini untuk penyempurnaan dan penyesuaian di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) atau SOTK baru, terutama di Dinas Pendidikan yang saat ini banyak kekosongan,” jelas Kang DS.

Ia pun meminta soliditas dan dukungan dari setiap OPD serta para asisten daerah untuk membantu sekda dalam menjalankan tugasnya.

Ketiga, adalah menyelesaikan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026.Keempat adalah pembahasan SOTK baru dan APBD murni 2022 berdasarkan SOTK baru.

“Tugas tambahannya adalah karena sekda ini menjbat juga sebagai Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19, maka harus membenahi komposisi Satgas Covid-19, kaitannya dengan rencana aksi dan implementasi dalam meningkatkan imunitas dan mempersempit penyebaran Covid-19,” imbuh Kang DS.

Sementara Sekda Kabupaten Bandung Cakra Amiyana mengaku bersyukur atas terpilih dirinya sebagai Sekda Kabupaten Bandung. Sekda menyampaikan terima kasih atas kepercayaan Bupati Bandung dan Wakil Bupati Bandung atas kepercayaannya memilih dirinya untuk menjabat sebagai Sekda Kabupaten Bandung.

Ami, sapaan Cakra Amiyana menyatakan dirinya siap menjalankan amanah untuk melaksanakan tugas selaku Sekda Kabupaten Bandung dalam mewujudkan visi misi Bupati Bandung.

“Saya juga akan terus berkoordinasi dengan pimpinan dalam rangka melakukan langkah konsolidasi internal dan ekseternal, dengan para muspida, termasuk dengan media massa,” kata Ami, sapaan Cakra Amiyana.

Ami bertekad mewujudkan visi misi Kabupaten Bandung Bedas yang Bangkit, Edukatif, Dinamis, Agamis, dan Sejahtera.

“Kami mohon dukungan dari semua OPD, masyarakat, akademisi, swasta dan media massa untuk berkolaborasi dalam konsep pembangunan Pentahelix ini,” ucap Ami.

Sebelumnya diberitakan, Panitia Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Kabupaten Bandung mengumumkan tiga besar nama calon Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung, Rabu (9/6/21).

Ketiga nama calon sekda itu yakni Akhmad Djohara, Asep Wahyu, dan Cakra Amiyana (nama disusun berdasarkan abjad).

Penetapan ketiga calon berdasarkan Berita Acara Penetapan Hasil Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bandung Nomor : 820/24/PANSEL/2021 Tanggal 08 Juni 2021.

Ketiga nama calon itu direkomendasikan oleh Panitia Seleksi kepada Bupati Bandung, untuk kemudian ditetapkan dan dilantik sebagai sekda definitif Kabupaten Bandung. Hingga akhirnya Cakra Amiyana dilantik menjabat Sekda Kabupaten Bandung definitif. ***

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

TERKINI