Selasa, Februari 7, 2023
BerandaBale BandungEkraf Kabupaten Bandung Untuk Dunia

Ekraf Kabupaten Bandung Untuk Dunia

SOREANG,balebandung.com – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bandung dan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Bandung melaksanakan gebyar Sumpah Pemuda ke-94 di Dome Bale Rame Soreang, Kabupaten Bandung, Sabtu (5/11/2022).

Kegiatan Oratorium Pemuda Bedas merupakan sebuah “Epic Colaboration” antara Disbudpar, KNPI dan Kormi Kabupaten Bandung.

Kegiatan ini dihadiri Bupati Bandung HM Dadang Supriatna dan Ketua Kormi Kabupaten Bandung Hj. Emma Dety Dadang Supriatna, Kepala Disbudpar Kabupaten Bandung H. Wawan A Ridwan, Anggota DPRD Kabupaten Bandung dan Ketua KNPI Kabupaten Bandung.

Oratorium Pemuda Bedas itu turut ditampilkan oleh para seniman muda Kabupaten Bandung berkolaborasi dengan komunitas BMX dan skateboard (binaan Kormi Kabupaten Bandung). Kegiatan itu pula dengan mengusung tema “Berkarya dan Berbudaya, di Tanah Kelahiran”.

Menurut Wawan A Ridwan, oratorium ini bercerita tentang bagaimana seharusnya pemuda bisa menghadapi tantangan zaman yang selalu dinamis di masa mendatang.

“Pemuda harus adaptif terhadap situasi dan arus globalisasi dengan tetap mempertahankan jatidiri. Jati ulah kasilih ku junti. Oratorium pemuda bedas merupakan tampilan seni pertunjukan (bagian dari 17 sub sektor ekonomi kreatif) dan ini kekuatan besar yang ada di Kabupaten Bandung,” kata Wawan kepada wartawan, Minggu (6/11/2022).

“Ada yang menarik dari oratorium ini adalah hadirnya batik kina dan sarung sebagai properti yang digunakan. Hal ini adalah bentuk dari dukungan dan kebanggaan terhadap fesyen unggulan Kabupaten Bandung,” imbuh Wawan.
Kadisbudpar berharap ekonomi kreatif (ekraf) asal Kabupaten Bandung semakin dikenal dan bisa menembus pasar dunia.

Wawan juga turut menjelaskan tentang seni pertunjukan yang merupakan gabungan beberapa sub sektor ekraf antara lain, di antaranya musik, seni rupa, fesyen, film, animasi, video, desain komunikasi visual dan kriya.

“Dari kesemuanya diharapkan dapat menjadi bangkitan wirausaha khususnya dari para pemuda di Kabupaten Bandung,” ungkapnya.

Sedangkan untuk bantuan permodalan pelaku ekraf, lanjut Wawan, Bupati Bandung akan mengintegrasikan salah satu program unggulan yaitu bantuan modal yang bisa diakses oleh pelaku ekraf melalui bank BPR Kertarharja Kabupaten Bandung. “Untuk pemasaran produk ekraf akan didorong melalui flatform Bedas Market,” katanya. ***

BERITA LAINYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

TERKINI