Kamis, Juli 25, 2024
BerandaBale BandungKawasan Wisata Terpadu Desa Bumiwangi Tawarkan Keindahan Alam

Kawasan Wisata Terpadu Desa Bumiwangi Tawarkan Keindahan Alam

CIPARAY, balebandung.com – Desa Bumiwangi, satu dari 14 desa di Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung Jawa Barat yang memiliki keindahan alam dan kelestarian lingkungan yang masih lestari. Kawasan Wisata Terpadu Bukit Cula merupakan dataran tinggi di Desa Bumiwangi yang menjadi destinasi wisata menarik di desa tersebut.

Potensi wisata alam di desa itu tentunya tak dimiliki di desa lainnya. Selain berada di dataran tinggi yang bisa melihat pemandangan dan keindahan alam di sekitarnya, juga menawarkan udara yang masih segar dan menyehatkan.

Untuk menambah daya tarik wisatawan yang berkunjung ke Bukit Cula, para pengunjung bisa menikmati keindahan alam melalui sarana olahraga gantole maupun paralayang. Sejumlah penggemar paralayang atau gantole, sudah melakukan ujicoba terbang di titik nol Bukit Cula tersebut.

Rudi, Kepala Desa Bumiwangi, sudah melakukan ujicoba terbang dengan memanfaatkan sarana gantole maupun paralayang dari titik nol Bukit Cula tersebut.

“Kita bisa melakukan ujicoba terbang dengan memanfaatkan sarana gantole maupun paralayang di Kawasan Wisata Terpadu Bukit Cula. Para wisatawan bisa mencobanya, tentunya sebelumnya harus melewati proses pembinaan atau pendampingan dari instruktur yang sudah berpengalaman dalam olahraga gantole maupun paralayang tersebut,” kata Rudi kepada wartawan, Minggu (14/8/2022).

Menurut Rudi, dengan keberadaan lahan yang cukup tinggi itu bisa menjadi sarana olahraga gantole dan paralayang ini untuk mendukung program Pemkab Bandung dalam pengembangan desa wisata.

Untuk itu, imbuh Rudi, Desa Bumiwangi berusaha untuk menata diri dari berbagai pembangunan infrastruktur setelah mendapat perhatian dari Pemkab Bandung.

“Kita menyambut baik apa yang menjadi program Pak Bupati Bandung dalam pengembangan 100 desa wisata, selain 100 destinasi wisata,” kata Rudi.

Rudi pun menyebutkan bahwa pihaknya terus menjalin komunikasi dengan berbagai pihak dalam pengembangan Kawasan Wisata Terpadu Desa Bumiwangi itu. Tentunya dengan memanfaatkan potensi alam yang ada sebagai anugerah dari Allah SWT, untuk memberikan rasa syukur dan nikmat pada hambaNya.

“Dengan adanya lokasi yang menjadi titik terbang untuk sarana olahraga gantole maupun paralayang ini, menjadi kebanggaan dan rasa syukur kita. Hal itu dibuktikan dengan adanya perhatian dari Kopasgat TNI AU khususnya Lanud Sulaeman dan para Atlet profesional serta sejumlah pihak yang melakukan olahraga tersebut di kawasan Bukit Cula,” katanya.

Ia berharap dengan adanya potensi wisata itu, menjadi daya tarik bagi wisatawan lainnya. “Kita berharap dengan adanya potensi wisata ini, dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan batin masyarakat. Itu sasarannya. Masyarakat turut menikmati secara lahir maupun batin serta terwujudnya visi keberkahan bagi masa kini dan masa depan karena Gunung Bukitcula terbagi dari 3 zona; konservasi, wana wisata dan hutan sosial,” harap Rudi.***

BERITA LAINYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERKINI

spot_img