Minggu, Oktober 17, 2021
BerandaBale BandungKolam Retensi Akan Dibangun untuk Dukung Terowongan Nanjung

Kolam Retensi Akan Dibangun untuk Dukung Terowongan Nanjung

Bupati Bandung, Dadang Supriatna, saat meninjau Terowongan Nanjung, Kec Margaasih Rabu (26/5/21).

MARGAASIH, Balebandung.com – Bupati Bandung Dadang Supriatna berencana membangun kolam retensi di beberapa spot atau titik di Kabupaten Bandung untuk mendukung efektivitas Terowongan Nanjung di Curug Jompong, Desa Nanjung, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung dalam menekan banjir.

“Kita akan buat kolam retensi yang sifatnya lokal. Kita akan minta ke pemerintah pusat untuk konstruksi dan infrastruktur dari spot-spot kolam retensi ini, kata Bupati Bandung saat memantau kondisi Terowongan Nanjung, Rabu (26/5/21).

Menurutnya Terowongan Nanjung sudah beroperasi, namun hingga kini masih menyisakan banjir seluas 80 hektare di Kabupaten Bandung. Karena itu bupati menilai, kolam retensi dibutuhkan di beberapa kawasan di Kabupaten Bandung yang masih saja dilanda banjir ketika terjadi hujan lebat.

“Kalau Terowongan Nanjung-nya sendiri saya kira sudah memadai fungsinya. Hanya saja air yang menuju Terowongan Nanjung terkendala di salurannya, terutama di Parunghalang Kecamatan Katapang yang masih dangkal dan tidak bisa dikeruk karena dasar sungainya banyak bebatuan,” ungkapnya.

Untuk itu, Bupati Bandung berencana membangun kolam retensi di kawasan-kawasan yang selalu dilanda banjir tiap hujan lebat mengguyur, seperti di Kecamatan Baleendah dan Dayeuhkolot.***

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

TERKINI