Bale Kab Bandung

Luthfi Hafiyyan Apresiasi Karang Taruna Angkat Potensi Desanya

Anggota DPRD Kabupaten Bandung Dapil IV Mochammad Lutfi Hafiyyan saat meninjau mesin pengolah sampah dari Karang Taruna Mandiri 09 Kampung Kebonsuuk Wetan, Desa Cicalengka Wetan, Kec Cicalengka, Kab Bandung, Kamis (27/2/20).

CICALENGKA, Balebandung.com – Anggota DPRD Kabupaten Bandung Dapil IV Mochammad Lutfi Hafiyyan mengapresiasi kegiatan dari Karang Taruna Mandiri 09 Kampung Kebonsuuk Wetan, Desa Cicalengka Wetan, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung.

Menurut Luthfi, Karang Taruna 09 ini lebih memilih berkegiatan menggali potensi di desanya ketimbang melakukan kegiatan yang bersifat seremonial. Seperti kegiatan pengolahan sampah rumah tangga, membuat apotek hidup dan merintis obyek wisata baru seperti Goa Peteng, sebuah goa peninggalan masa penjajahan Belanda.

Karang Taruna 09 saat ini sedang mengelola tungku pengolah sampah dari masyarakat secara gratis. Setelah dipililah sampahnya, diambil yang masih bisa dimanfaatkan dan bisa bernilai ekonomis. Sisanya, dibakar di tungku pembakaran.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan dari Karang Taruna RW 09 Desa Cicalengka Wetan ini yang mana mereka lebih menggali potensi di desanya ketimbang membuat acara yang sifatnya seremonial,” ucap Luthfi saat meninjau mesin pengolah sampah Karang Taruna 09, Kamis (27/2/20).

Menurutnya, dengan mengangkat potensi di daerahnya masing-masing, Luthfi menilai kegiatan Karang Taruna lebih nyata dalam pengabdiannya dan kontribusinya kepada masyarakat.

Kegiatan yang kreatif, mengangkat potensi desanya, kata Luthfi, tentu akan sangat bermanfaat bagi masyarakat dan bagi pengurus Karang Taruna itu sendiri.

“Seperti Karang Taruna 09 ini bisa menghasilkan uang kas dari hasil kegiatannya dan bisa sampai menolong warga yang sakit dari kegiatan apotek hidupnya,” papar anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kab Bandung ini.

Terkait obyek wisata baru, Karang Taruna 09 ini sedang merintis obyek wisata Goa Peteng yang merupakan peninggalan jaman penjajahan Belanda. Saat ini mereka tengah membangun jalan alternatif baru untuk menuju goa tersebut, bahkan sudah didirikan beberapa saung untuk beristirahat sambil ngopi.

Luthfi berharap Karang Taruna 09 bisa jadi Karang Taruna percontohan bagi desa lainnya, khususnya di Kecamatan Cicalengka maupun di Kabupaten Bandung.

“Saya juga sebagai anggota Dewan Dapil IV akan berupaya membantu memfasilitasi apa saja yang dapat menunjang kegiatan mereka ini agar lebih optimal hasilnya. ***

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close