Kamis, Oktober 28, 2021
BerandaBale Kota BandungNih, 16 Finalis Bandung Innovation Jam

Nih, 16 Finalis Bandung Innovation Jam

bb-rk-finalis-inovasi
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil saat jadi juri di Final Bandung Innovation Jam yang digagas Komunitas iuran.id bekerja sama dengan UN Pulse Lab Jakarta dan Hyve Indonesia. Acara ini digelar di Auditorium Balai Kota Bandung, Jumat (27/5). by Humas Pemkot Bandung

BANDUNG – Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil menjadi juri di Final Bandung Innovation Jam yang digagas Komunitas iuran.id bekerja sama dengan UN Pulse Lab Jakarta dan Hyve Indonesia. Acara ini digelar di Auditorium Balai Kota Bandung, Jumat (27/5/16) dengan menghadirkan 16 finalis.

Finalis tersebut adalah mereka yang mengikuti ajang “Andai Aku Menjadi Walikota” yang diselenggarakan secara online di situsiuran.id. Para finalis telah memberikan ide dan diseleksi oleh tim iuran.id dan para ahli. Ada 16 ide terpilih dipresentasikan di hadapan para juri dan diberikan penilaian. Pengumuman pemenang akan dilaksanakan Minggu, 29 Mei 2016.

“Bandung ini sangat demokratis. Gagasan pembangunan kota ini tidak hanya dari wali kota atau pemkot tapi dari warga,” ucap Ridwan.

Para finalis dikelompokkan jadi 6 kategori, yakni Pendidikan (4 ide), Pengalaman Pejalan Kaki (2 ide), Pariwisata (3 ide), Lingkungan (3 ide), Transportasi Umum (3 ide), dan Pelayanan Kesehatan (1 ide).

Dari ke-16 ide tersebut, secara pribadi Ridwan paling tertarik dengan ide di bidang pelayanan kesehatan. Ide tersebut berupa motor layanan kesehatan darurat yang digagas Dani Ferdian, seorang dokter.

“Setelah dua setengah tahun banyak kebutuhan-kebutuhan  emergency warga yang tidak perlu ke rumah sakit sebenarnya. Tapi karena kebingungan, mereka memaksakan pergi ke rumah sakit, di rumah sakitnya ditolak karena penuh dan lain sebagainya, akhirnya tidak terawat,” ungkap Emil.

Emil mengatakan akan segera mewujudkan ide tersebut karena sangat sesuai dengan kebutuhan Kota Bandung. Akan tetapi ia masih membutuhkan sistem yang lebih rinci dan jelas dari konsep yang diberikan oleh peserta. Ia pun memberi waktu untuk menyempurnakan gagasan sampai pengumuman pemenang dilaksanakan.

Mendampingi Emil, ada pula Daniel Tumewu selaku CEO Hyve Indonesia dan Mellyana Frederika dari United Nations Pulse Lab Jakarta selaku juri dalam ajang ini.

Nih, 16 Finalis Bandung Innovation Jam:

No Kategori Ide Penggagas
1. Pengalaman Pejalan Kaki Pos PKL dan Trotoar Bertingkat Yandi Ramadhan
2.   Tempat Sampah Bandung Juara Tipe Underground Iwan Herawan
3. Pendidikan Angkutan Edukasi Yoga Medika Raksatama
4.   Bibliothek (Perpustakaan Umum & Ruang Belajar) Astury Gardin
5.   Sekolah Kontainer Heru Chandra Dewanto
6.   Taman Buku Ricky Rachmanto
7. Pariwisata Bandung Virtual Tour M. Isman Junian Rahman
8.   Information Public Center Tian Toharihhidin
9.   Bandung Historical Wall Adhyawan Ardiwinata
10. Lingkungan Boks Pakaian Bekas Seny Martini
11.   Wajib Go Green Vega Fauzy
12.   Bandung Recycle and Reuse Program Ina Rahmadianti
13. Transportasi Umum Bandung Smart Public Transportation Jafar Hamdan
14.   Revolusi Angkot untuk Bandung Juara Yohan Supriadi
15.   Mencari tempat Parkir di Kota Bandung Iwan Herawan
16. Pelayanan Kesehatan Motor Layanan Kesehatan Darurat Dani Ferdian
BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI