Kamis, September 29, 2022
BerandaBale BandungPara Petani Datangi Kantor Desa Citaman Nagreg, Ini Keluhannya

Para Petani Datangi Kantor Desa Citaman Nagreg, Ini Keluhannya

NAGREG,balebandung.com – Sejumlah petani sawah mendatangi Kantor Desa Citaman Kecamatan Nagreg Kabupaten Bandung, Jumat (23/9/2022). Mereka kepada Kepala Desa Citaman Yayan Heryana mengeluhkan kesulitan mendapatkan bahan bakar minyak (BBM) untuk bahan bakar mesin traktor dan mesin penyedot air untuk menggarap lahan pertaniannya.

Para petani itu ketika hendak membeli bahan bakar ke SPBU, tidak diperbolehkan. Padahal sudah memasuki masa olah lahan pertanian padi.
“Mereka mengeluhkan kesulitan mendapatkan bahan bakar minyak untuk mesin traktor yang bisa digunakan untuk membajak. Selain itu untuk mesin sedot air, serta untuk mesin huller,” kata Yayan Heryana kepada wartawan di Desa Citaman Kecamatan Nagreg, Jumat siang.

Yayan Heryana menyebutkan, para petani itu mengaku saat hendak membeli BBM ke Pom atau SPBU tidak dilayani. “Entah apa alasannya, petani tidak dilayani untuk membeli BBM ke SPBU di Nagreg. Padahal, saat ini para petani sudah dimulai persiapan masa tanam. Namun para petani mengalami kesulitan untuk membajak tanah karena traktor kami kesulitan mendapatkan BBM,” tutur Yayan Heryana.

Kepala Desa Citaman pun mengaku prihatin ketika para petani mendapatkan kesulitan untuk membeli BBM ke SPBU. “Ini untuk membeli BBM, bukan untuk meminta,” kata Yayan Heryana.

Ia berharap kepada sejumlah pihak atau pemerintah terkait untuk memberikan solusi kepada para petani yang membutuhkan BBM, disaat masyarakat harus terjaga ketahanan pangannya.

“Saat ini, para petani membutuhkan BBM untuk alat mesin pertanian mengolah lahan pertanian padi,” pungkasnya.

Kepala Desa Citaman pun membagikan rekaman videonya di media sosial, dengan harapan apa yang menjadi kesulitan para petani ada solusi. Para petani pun berharap bisa dengan mudah mendapatkan BBM untuk mengolah lahan pertanian padi.***

BERITA TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

TERKINI