Bale Kab BandungPamong

Pemkab Bandung Serahkan Bantuan Korban Gempa Lombok

Pemkab Bandung menyalurkan langsung bantuan untuk korban gempa Lombok di Pondok Pesantren Riadlul Jannah Nahdlatul Wathon (NW) Kampung Penjor Desa Genggelang Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara NTB, Rabu (24/10/18). by Humas Pemkab

Pemerintah Kabupaten Bandung menyalurkan langsung bantuan untuk korban gempa Lombok di Pondok Pesantren Riadlul Jannah Nahdlatul Wathon (NW) Kampung Penjor Desa Genggelang Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara NTB, Rabu (24/10/18). Bantuan uang senilai Rp 600 juta diberikan untuk membangun kembali pesantren tersebut.

Asisten Ekonomi dan Kesejahteraan Kabupaten Bandung, H. Marlan,S.Ip.,M.Si mengatakan bantuan tersebut sebagai bentuk kepedulian warga Bandung bagi korban gempa Lombok. Menurutnya, sebagai bagian dari bangsa Indonesia, sudah sepatutnya untuk saling bergotong royong, bangkit dan kembali menjalankan kehidupan.

“Kita semua adalah bagian dari Bangsa Indonesia, dan kehadiran kita di Lombok adalah ingin melahirkan spirit sabilulungan kepada seluruh masyarakat, untuk peduli dan memberi motivasi supaya para korban ini bisa bangkit dari keterpurukan,”ucap Marlan.

Sesuai dengan pesan Bupati bANDUNG beberapa waktu lalu lanjutnya, keinginan membangun sekolah di Lombok dialihkan menjadi pembangunan pesantren, karena sesuai dengan informasi bahwa pembangunan sekolah dibantu dari pemerintah pusat.

“Kami masyarakat Bandung sangat peduli korban gempa Lombok, terutama berkaitan dengan sarana pendidikan. Bupati ingin bangun sekolah umum, tapi setelah mendapat informasi bahwa sekolah umum dibantu pemerintah pusat, kita beralih membantu pesantren,” kata Marlan.

Menurutnya, dana bantuan tersebut berasal dari sumbangan ASN (Aparatur Sipil Negara) Kabupaten Bandung dan BAZ (Badan Amil Zakat) Kabupaten Bandung. Bukan sekadar memberikan bantuan untuk membangun pesantren, Pemkab Bandung juga menyalurkan bantuan senilai Rp 1 miliar untuk Pemkab Lombok Utara.

Dalam menyalurkan bantuan tersebut, hadir juga perwakilan Dinas PUPR, Dinsos dan BPBD Kabupaten Bandung. “Kita membawa Dinas PUPR karena ingin memberi model untuk membangun sekolah atau bangunan tahan gempa,” terangnya.

Sementara itu, pimpinan pengurus daerah Nahdlatul Waton Kabupaten Lombok Utara sekaligus pengurus Pondok Pesantren Riyadul Jannah, Suharman menyampaikan terimakasih atas bantuan tersebut. Pihaknya merasa terbantu untuk membangun kembali pesantren Riyadul Jannah.

“Alhamdulilah, sangat bersyukur dengan donasi dari ASN Kabupaten Bandung, kita merasa terbantu, terlebih donasi yang diberikan nominalnya luar biasa. Insya Allah akan kami jaga maksimal, membangun kelas permanen sehingga bisa menunjang pembelajaran ke depan,” ungkap Suharman. ***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close