Bale JabarEkonomi

3 Negara Sahabat Incar Investasi dari Jabar

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan menerima courtesy call Dubes 3 negara sahabat di Gedung Pakuan, Kamis (12/5). by Humas Pemprov Jabar
Gubernur Jabar Ahmad Heryawan menerima courtesy call Dubes 3 negara sahabat di Gedung Pakuan, Kamis (12/5). by Humas Pemprov Jabar

BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menerima kunjungan kehormatan (courtesy call) Duta Besar dari tiga negara sahabat, yakni Dubes Fiji, Papua New Guinea, dan Kepulauan Solomon. Pertemuan digelar di Gedung Pakuan, Jl. Otto Iskandardinata No. 1, Bandung, Kamis (12/5/16).

Dalam pertemuan ini dilakukan pembicaraan mengenai penjajakan kerjasama di berbagai bidang antara Jawa Barat dengan tiga negara tersebut, seperti pendidikan, ekonomi dan perdagangan, seni dan budaya, hingga kerjasama di bidang olahraga.

“Saya ingin ada kerjasama yang riil bukan hanya dengan Indonesia, tapi secara khusus antara Jawa Barat dengan Fiji, Solomon, dan Papua Nugini,” ungkap Aher dalam pertemuan di hadapan ketiga dubes tersebut.

Aher pun mengungkapkan bahwa dirinya akan lebih senang dan bangga bila bekerjasama dengan negara-negara berkembang. Karena dirinya menilai ada rasa persaudaraan yang lebih erat serta ada rasa senasib sepenanggungan dengan mereka.

“Saya juga akan merasa lebih bangga kerjasama dengan negara-negara berkembang karena merasa sesama saudara. Jadi, kita siap kerjasama!” ajak Aher.

Dalam pertemuan ini, Dubes Fiji Seremaia T Cavuilati berharap akan investor dari Indonesia, khususnya Jawa Barat yang bisa menanamkan investasi di negaranya.

“Ini merupakan platform yang baik bagi kami, agar kami juga bisa mengundang investor Bapak ke negara kami. Kita juga bisa bertukar ilmu pengetahuan juga pembangunan,” ungkap Seremania.

“Saya pernah ke sini sebelumnya dan saya selalu ingin kembali. Karena Jawa Barat ini sama kondisi alamnya dengan Negara Pasifik kami,” imbuhnya.

Sementara itu, Dubes Papua New Guinea Peter Ilau berharap adanya peningkatan hubungan kerjasama dengan Indonesia, yang memang secara geografis antara Indonesia dengan Papua New Guinea merupakan negara tetangga yang sangat berdekatan.

“Kami mewakili sebuah grup di mana Indonesia juga merupakan anggota dan kami percaya bahwa dengan kesamaan ini kita bisa bekerja sama dengan baik,” ungkap Peter.

Hal senada juga diungkapkan Dubes Kepulauan Solomon Salana Kalu. Namun, lebih lanjut Salana juga mengatakan pihaknya ingin kerjasama di bidang olahraga, terlebih menurutnya Jabar memiliki salah satu klub sepak bola terbaik di Indonesia, yakni Persib Bandung.

“Kami menyadari banyak sekali generasi muda di wilayah Bapak. Dan kami juga menekankan kami sangat tertarik dengan dunia persepakbolaan dan kedepannya mungkin kita bisa menjajaki kerjasama di bidang tersebut,” ungkap Salana.

Hal ini pun disambuat baik oleh Aher, bahkan dirinya ingin suatu saat akan ada pertandingan persahabatan antara Persib Bandung dengan Solomon. “Bagus juga kalau untuk pertama kali dijajaki pertandingan Persib dengan kesebelasan Solomon. Sangat bagus,” sambut Aher.

Secara geografis negara Fiji, Kepulauan Solomon, dan Papua New Guinea letaknya sama dengan Indonesia, yakni negara-negara yang termasuk dalam Pasifik bagian Selatan atau biasa disebut dengan negara-negara Melanesia. Untuk negara Kepulauan Solomon, momen penjajakan kerjasama ini sangat penting karena negara ini sendiri baru membuka kantor Kedubesnya di Jakarta pada Agustus 2014 lalu.

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close