Bale Jabar

CCAI Jalin Kemitraan dengan BlueChilli

Launching Amatil X CCAI di Jakarta

Kolaborasi tersebut merupakan strategi pertumbuhan BlueChilli untuk memperluas pasar secara global dan mengekspor kemampuan inovasi perusahaan ke area-area yang baru.

SYDNEY, Balebandung.com – Perusahaan Venture Studio & Innovation Group asal Australia, BlueChilli, akan melakukan ekspansi ke Asia Tenggara melalui kerja sama dalam membangun akademi kapabilitas kewirausahaan di seluruh wilayah operasional Coca-Cola Amatil di Indonesia.

Kemitraan ini merupakan langkah pertama dalam strategi pertumbuhan BlueChilli yang lebih luas untuk melakukan ekspansi ke luar Australia, mengekspor kemampuan inovasi perusahaan dan pengetahuan start-up dan memperluas kehadirannya di pasar-pasar yang berbeda selama 12 bulan ke depan.

CEO BlueChilli, Sebastin Eckersley-Maslin menyatakan apresiasinya akan kemitraan dengan Coca-Cola Amatil, yang memungkikan BlueChilli untuk memperluas jangkauan ke Indonesia, sebagai salah satu negara yang memiliki ekonomi terbesar di Asia Tenggara dan ekosistem start-up yang paling berkembang di dunia.

“Misi kami di BlueChilli adalah membantu orang di mana saja menyelesaikan tantangan terbesar masyarakat dengan teknologi,” kata Sebastian.

Sebagai bagian dari kemitraan ini, pihaknya berkomitmen untuk membantu perusahaan-perusahaan terkemuka seperti Coca-Cola Amatil di seluruh dunia menggunakan metodologi lean start-up. “Sehingga mereka dapat beradaptasi dalam menghadapi tantangan, berinovasi dengan cepat, dan mensinergikan strategi bisnis untuk masa depan,” jelas Sebastian.

Melalui Akademi Amatil X, BlueChilli akan membantu Coca-Cola Amatil mengidentifikasi para intrapreneur perusahaan dan memberi mereka kesempatan untuk mengembangkan sebuah prototipe dan merintis gagasan dengan cepat melalui program akselerator internal yang terstruktur di Indonesia.

Kolaborasi antara BlueChilli dan Coca-Cola Amatil pertama kali dimulai April 2018 dengan peluncuran Xcelerate, program akselerator perusahaan yang menargetkan start-up di Australia dan Selandia Baru.

Program ini dirancang untuk membantu Coca-Cola Amatil membangun kemampuan kewirausahaan, berinvestasi di berbagai perusahaan dengan konsep yang baru, mendapatkan akses langsung ke teknologi terkini, serta membantu membangun saluran bisnis yang dapat diinvestasikan.

Coca-Cola Amatil Group Director Partners & Growth, Chris Sullivan mengatakan melalui kemitraan dengan BlueChilli, Coca-Cola Amatil dapat membawa Akademi Amatil X ke Indonesia.

“Coca-Cola Amatil sedang membangun platform “Corporate Venture Capital (CVC)” Amatil X di Indonesia. Kami akan mencari start-up untuk mendukung pergerakan bisnis kami dan membangun pertumbuhan melalui kemitraan strategis dan investasi,” kata Chris.

Bekerja dengan BlueChilli, imbuh Chris, pihaknya sudah merancang program karyawan yang menarik – Amatil X Academy – untuk mengidentifikasi para intrapreneur Coca Cola Amatil dan memberi mereka kesempatan untuk mengembangkan ide-ide melalui program akselerator internal selama enam bulan secara terstruktur.

BlueChilli telah menjalankan berbagai program – melalui proses inkubasi berbagai ide untuk start-up hingga pelatihan inovasi – bagi perusahaan-perusahaan dan merek global terkemuka di Australia, seperti: ANZ, Google, Westpac dan Stockland. Program-program yang dijalankan menawarkan metodologi start-up yang ramping dan tangkas untuk menghidupkan ide-ide baru dalam waktu singkat, bagi para pendiri dan perusahaan.

Sementara operasi BlueChilli Indonesia akan berbasis di Digitaraya, sebuah ruang kerja bersama di Jakarta. ***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close