Bale CimahiPamong

Cimahi Prioritaskan Pembangunan Sarana Air Bersih

upt air minum3a1CIMAHI – Pemkot Cimahi terus berupaya untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi seluruh warga Cimahi dengan membuat sambungan pipa baru dan mencari sumber-sumber air. Tidak hanya itu, kerjasama pun akan dilakukan dengan beberapa daerah tetangga yang memiliki potensi sumber daya air melimpah.

“Kami menargetkan tahun 2017/2018 seluruh masyarakat Kota Cimahi bisa menikmati dan memanfaatkan air bersih dan itu menjadi salah satu prioritas pembangunan yang akan dilaksanakan,” kata Asisten Ekonomi dan Pembangunan Kota Cimahi Benny Bachtiar.

Benny menjelaskan ketersediaan air memang menjadi permasalahan tersendiri bagi Cimahi sebab Cimahi tidak memiliki sumber air seperti wilayah tetangga yaitu Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat. Selain itu kerjasama pun akan dilakukan dengan Kementrian Pekerjaan Umum (PU) RI.

“Kami akan meminta bantuan pemerintah pusat terutama Kementrian PU, khususnya Dirjen SDA untuk bisa membantu Pemkot Cimahi dalam penyediaan air bersih untuk warga ini,” sambungnya.

Menurut Benny kerjasama itu bahkan sudah ada yang dibuatkan Memorandum Of Understanding (MoU) seperti dengan Pemkab Bandung Barat. Pihaknya menargetkan tahun ini MoU dengan Kabupaten Bandung juga akan dibuat. “Targetnya MoU dengan Kabupaten Bandung tahun ini rampung,” tuturnya.

Seperti diketahi saat ini pelayanan air bersih untuk sebagian besar warga Kota Cimahi disuplai dari PDAM Tirtaraharja yang merupakan perusahaan daerah milik Pemkab Bandung. Tidak hanya itu sebagian warga Cimahi juga ada yang disuplai dari perusahaan air minum milik Pemkab Bandung Barat dan sebagian lagi masih mengandalkan sumur-sumur namun kerap mengering di musim kemarau. [fik]

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close