Bale Kab Bandung

Cucun A Syamsurijal : Antar Pemda Harus Duduk Bersama Atasi Banjir Bandung

Ketua Fraksi PKB DPR RI H. Cucun Ahmad Syamsurijal bersama Bupati Bandung terpilih HM Dadang Supriatna, saat meninjau dan menyalukan bantuan bagi warga korban banjir di Desa Haurpugur, Kec Rancaekek, Kab Bandung, Sabtu (23/1/21). by iwa/bbcom

RANCAEKEK, Balebandung.com – Ketua Fraksi PKB DPR RI H. Cucun Ahmad Syamsurijal menyatakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan pemerintah daerah di Bandung Raya harus duduk bersama dalam penanganan bencana banjir di wilayah Kabupaten Bandung.

“Untuk itu, saya sengaja mengajak Bupati Bandung terpilih Dadang Supriatna untuk bertemu Bupati Sumedang, agar nantinya bisa duduk bersama membahas persoal banjir di Kabupaten Bandung,” kata Cucun saat menyerahkan bantuan kepada warga korban banjir di Desa Haurpugur, Kecamatan Rancaekek, Sabtu (23/1/21).

Bukan hanya antara Bupati Sumedang dan Bupati Bandung, imbuh Cucun, namun Wali Kota Bandung, Wali Kota Cimahi dan Bupati Bandung Barat serta Pemprov Jabar pun harus ikut duduk bersama untuk membahas penyelesaian banjir di Bandung Raya.

“Saya sudah sampaikan kepada Bupati Sumedang untuk duduk bersama dengan Pemkab Bandung dalam mengatasi masalah banjir di Kabupaten Bandung. Walau pun punya otonomi sendiri-sendiri, tapi kalau untuk kemaslahatan rakyat, duduk bareng tidak ada masalah,” imbuh Cucun.

Anggota Komisi III DPR RI ini berharap kepada Bupati Sumedang maupun Bupati Bandung terpilih sama-sama membahas bagaimana penanganan banjir yang menjadi sumber kanalnya atau cekungannya ada di Kabupaten Bandung dan masyarakat tidak menjadi korban banjir.

“Misalnya, untuk membahas banjir itu karena faktor dari hulu sungai yang ada di Kabupaten Sumedang kurang terawat. Di Kabupaten Bandung juga, dari hulu Sungai Citarum yang kurang terpelihara,” sebut Cucun.

Demikian pula di kawasan di Kota Bandung, masih banyak permasalahan terutama di kawasan Dago dan Bandung Raya lainnya yang harus ada penataan wilayah.

Cucun juga berharap permasalahan banjir di Kabupaten Bandung, yang salah satunya karena ada permasalahan di hulu Sungai Citarum bisa diselesaikan oleh Bupati Bandung terpilih.

“Kalau bisa diselesaikan oleh Pak Dadang Supriatna, saya angkat jempol. Selain dalam penataannya, harus dibarengi dengan di kawasan Kabupaten Sumedang, Kota Bandung, termasuk penataan di kawasan Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat, supaya aliran Sungai Citarum normal,” tuturnya.

Ia pun sangat mengapresiasi kepada Bupati Bandung terpilih mau menyelesaikan permasalahan banjir di Kabupaten Bandung. Selaku anggota DPR RI, Cucun sendiri berusaha untuk memberikan dukungan anggaran yang dikeluarkan dari pusat.

“Jangan sampai jelek komunikasinya antara Bupati Bandung dengan DPR RI maupun dengan kementerian. Komunikasi harus bagus antara bupati, Gubernur Jabar dan pemerintah pusat,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Bandung terpilih HM Dadang Supriatna mengatakan walau aliran sungai di kawasan Desa Haurpugur itu sudah dikeruk, tapi tetap banjir. Ke depannya Dadang Supriatna akan berusaha untuk menangani banjir dengan melakukan penataan saluran drainase, sungai termasuk irigasi pertanian.

“Insya Allah, kami akan kolaborasi dengan para pemimpin daerah di Bandung Raya dalam penanganan banjir. Dalam penangan banjir itu dengan skala prioritas,” ucap Dadang Supriatna.***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close