Kamis, Februari 22, 2024
BerandaBale BandungDisparbud Kab Bandung Optimis Even CSS XXI Tingkatkan Kunjungan Wisatawan

Disparbud Kab Bandung Optimis Even CSS XXI Tingkatkan Kunjungan Wisatawan

SOREANG, Balebandung.com – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bandung saat ini sedang melakukan persiapan menghadapi even nasional City Sanitation Summit (CSS) ke-XXI pada 14-16 Juni 2023.

Kepala Disbudpar Kabupaten Bandung Wawan A Ridwan mengatakan pihaknya meyakini Kabupaten Bandung sebagai tuan rumah dalam pelaksanaan CSS itu bakal bisa meningkatkan kunjungan wisatawan.

Pada pelaksanaan even nasional CSS itu, di dalamnya ada serangkaian kegiatan yang berkaitan dengan sanitasi, ada kejuaraan bonsai, kemudian ada beberapa kegiatan expo, aktivitas fashion show, festival musik, cerdas cermat, dan lain sebagainya.

“Tentunya ini salah satu cara bagaimana kita mengundang para wisatawan untuk datang ke Kabupaten Bandung, supaya bisa menambah kunjungan wisatawan untuk berbelanja di Kabupaten Bandung,” kata Wawan didampingi Kabid Promosi dan Ekonomi Kreatif Vena Andriawan di Soreang, Jumat (19/5/2023).

Menghadapi pelaksanaan CSS tersebut, Disparbud memiliki tugas koordinator bidang acara, seremoni, closing, maupun site even.

“Jadi, alhamdulillah Disparbud sampai hari ini sudah membuat beberapa konsep acara yang berkaitan dengan persiapan Kabupaten Bandung sebagai tuan rumah CSS. Kemudian mempersiapkan bagaimana kita menyambut para tamu CSS yang datang ke Kabupaten Bandung,” kata Wawan.

Wawan menyebutkan, pihaknya sudah melakukan persiapan-persiapan, termasuk mempersiapkan beberapa even di dalam CSS Fair yang digelar di Dome Bale Rame Soreang.

“Yang di dalamnya ada EXPO sanitasi, cerdas cermat, fashion show dengan fashion ramah lingkungan. Ada beberapa desainer, dengan desain fashion ramah lingkungan karena menggunakan bahan-bahan alami,” urainya.

Di lokasi yang sama, ada pagelaran beberapa pameran dengan menggunakan produk-produk sanitasi. Mulai dari mesin pencacah sampah, dan lainnya.

“Tidak lupa kita akan menyiapkan spot kuliner khusus, teman-teman yang ingin datang, tentunya yang membawa putra-putrinya maupun anak-anak sekolah dan sebagainya,” imbuhnya.

Di situ juga nantinya ada festival musik selama tiga hari.Anak-anak muda yang mau datang, dipersilahkan untuk datang memeriahkan festival musik CSS tersebut pada 14-16 Juni 2023 di kawasan Gedong Budaya Soreang.

Selain itu, kata Wawan, pihaknya sudah mempersiapkan akomodasi berupa hotel-hotel, home stay serta paket-paket wisata yang bisa dinikmati oleh para pengunjung dari seluruh Indonesia.

“Kami sudah persiapkan semuanya, sudah dikoordinasikan dan kesiapan desk per bidang. Mulai dari bidang acara, pameran, site visit, publikasi dan dokumentasi dan kami sudah mengumpulkan admin instagram di OPD maupun kecamatan bagaimana setiap hari untuk memposting kegiatan dengan template tentang CSS,” tuturnya.

Dengan harapan, melalui keterlibatan banyak pihak, pelaksanaan CSS ini dikenal oleh masyarakat luas di Indonesia. “Mudah-mudahan dengan adanya CSS ini lebih meningkatkan kepedulian masyarakat pentingnya sanitasi untuk menunjang juga pariwisata di Kabupaten Bandung,” pungkasn Wawan. ***

BERITA LAINYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERKINI