Bale Kota Bandung

Forkopimda : PSBB Kota Bandung Berhasil

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bandung Oded M. Danial di Pendopo Kota Bandung, Rabu (6/5/20). by Humas Pemkot

BANDUNG, Balebandung.com – Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota Bandung memastikan pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskal Besar (PSBB) berhasil. Salah satu indikator terpentingnya yaitu melandainya angka reproduksi Coronavirus Diseases 2019 (Covid-19).

“Rapat terakhir Gugus Tugas yang dihadiri oleh Forkopimda menyatakan PSBB Kota Bandung berhasil,” kata Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bandung Oded M. Danial yang juga Wali Kota Bandung di Pendopo Kota Bandung, Rabu (6/5/2020).

Oded mengungkapkan, keberhasilan PSBB dalam penambahan kasus Covid-19 dilihat dari Angka reproduksi (Re). Re adalah angka reproduksi atau replikasi kasus Covid-19 secara keseluruhan hingga waktu kasus terakhir.

Angka reproduksi Covid-19 Kota Bandung yang dirilis oleh Pemprov Jawa Barat menunjukan, sebelum PSBB (terhitung dari kasus pertama sampai 22 April 2020) adalah 1,14 dan setelah dilakukan PSBB terjadi penurunan menjadi 1,06. ¬†“Ini memang belum ideal. Tetapi jika tanpa PSBB akan jauh berbeda,” kata Oded.

Dari aspek mobilitas, kata Oded, juga menunjukan terjadi penurunan kendaraan yang signifikan. Sedangkan dari aspek kepatuhan warga, penetapan physical distancing meningkat sekitar 4,92%. Begitu pula dengan kepatuhan dalam penggunaan masker, ada kenaikan kepatuhan sekitar 4,49 %.

Kendati dinilai berhasil, Oded tetap mengimbau warga Kota Bandung untuk tetap bekerja, belajar dan beribadah di rumah. Selain itu rajin mencuci tangan menggunakan sabun serta menjaga kebersihan, lindungi diri sendiri, orang lain dan lingkungan. Semua dilakukan selama Covid-19 masih ada.***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close