Bale KBBPamong

Harga Gabah Anjlok, Petani Curhat ke Wabup KBB

Wabupi Bandung Barat Yayat T Soemitra saat memantau hasil panen. ist
Wabupi Bandung Barat Yayat T Soemitra saat memantau hasil panen. ist

NGAMPRAH – Pemkab Bandung Barat diminta untuk turun tangan mengatasi anjloknya harga gabah pada panen raya tahun ini. Sebagaimana diketahui jika saat ini harga Gabah Kering Giling (GKG) hanya Rp 3.500 per kilogram, jauh di bawah harga sebelumnya yang berada pada kisaran Rp 4.500 sampai Rp 5.500 perkilogram.

“Kalau dengan harga jual segitu ya, kami dirugikan karena tidak mendapatkan lebih dari apa yang kami kerjakan. Inginnya sih, harganya lebih tinggi atau paling tidak seperti harga sebelumnya,” kata Ano (36), salah seorang petani warga Kampung Bojongkoneng Nempel, RT 01/RW 11, Desa Bojongkoneng, Kecamatan Ngamprah kepada Wakil Bupati Bandung Barat Yayat T Soemitra yang memantau langsung hasil panen petani di Ngamprah, Selasa (26/4/16).

Mendapatkan keluhan ini Yayat berjanji akan berupaya agar harga gabah bisa menguntungkan petani. Untuk itulah dirinya terjun langsung ke petani guna mengetahui kondisi dan persoalan yang sedang dihadapi oleh petani.

“Saya sengaja turun langsung ke petani dan ternyata petani mengeluhkan harga gabah yang anjlok dan itu masukan berarti buat saya,” kata Yayat.

Wabup mengaku tidak mengetahui adanya program “Sergap Gabah” yang digulirkan Bulog. Program itu untuk menyerap atau membeli gabah hasil panen petani dengan harga terendah Rp 3.700 perkilogram. Menurutnya rendahnya harga gabah yang sedang dihadapi petani menjadi persoalan klasik. Pada saat panen raya, petani harus menjual gabah dengan harga rendah. Sebaliknya pada saat paceklik, petani harus membeli beras dengan harga tinggi.

“Kami akan meminta Bulog untuk mengendalikan harga dan melakukan sosialisasi yang massif ke masyarakat. Karena ternyata program Sergap Gabah tidak diketahui semuanya oleh petani,” ucapnya. [fik]

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close