Bale KBBPamong

Armada Minim, UPT Kebersihan Sulit Angkut Sampah TPS Liar

bb-upt-kebersihan-kbbNGAMPRAH – Pemkab Bandung Barat hingga kini masih kekurangan armada truk pengangkut sampah terutama di lokasi pembuangan sampah (TPS) liar yang terdapat di berbagai titik. UPT Kebersihan KBB hanya memiliki tiga armada pengangkut sampah liar. padahal wilayah yang harus ditangani mencakup 16 kecamatan.

“Jelas sampai sekarang kami masih sangat kekurangan armada pengangkut, bahkan mencapai ideal pun masih jauh,” kata Kepala UPT Kebersihan KBB Apit Ahmad, Selasa (26/4/16).

Apit mengatakan TPS liar itu banyak ditemui di wilayah selatan KBB seperti titik sampah liar diantaranya berada di Jembatan BBS, Kecamatan Batujajar di mana setiap harinya sampah menumpuk di ujung kiri dan kanan jembatan. Menumpuknya sampah di Jembatan BBS bukan karena tidak diangkut petugas, namun volume sampah setiap hari jauh lebih besar dari kapasitas armada.

Menurutnya kapasitas armada pengangkut sampah liar pun minim, yakni hanya bisa mengangkut sampah tiga meter kubik. Dengan kondisi itu, tidak setiap hari sampah liar di titik yang sama bisa terangkut terutama di wilayah selatan seperti di Batujajar, Cihampelas, Cililin, Cipongkor, hingga Sindangkerta. “Yang beroperasi hanya satu armada. Jadi akhirnya banyak sampah-sampah yang tidak terangkut,” ujarnya. [fik]

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close