Minggu, Oktober 17, 2021
BerandaBale BandungIPM Kab Bandung Masuk Cluster Tertinggi

IPM Kab Bandung Masuk Cluster Tertinggi

Sekda Kota Bandung Yossi Irianto saat menerima kunjungan Sekda Kab Bandung Sofian Nataprawira, di Balaikota Bandung, , Kamis (31/3). by Pri Humas Pemkot Bandung
Sekda Kota Bandung Yossi Irianto (kanan) saat menerima kunjungan Sekda Kab Bandung Sofian Nataprawira (kiri), di Balaikota Bandung, , Kamis (31/3). by Pri Humas Pemkot Bandung

SOREANG – Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Bandung kini kembali masuk ke status tinggi di Jawa Barat. Sebelumnya tahun 2014 IPM Kab Bandung masuk ke status sedang dengan 69,06 poin.

Namun berdasar rilis terbaru dari Badan Pusat Statisik Jawa Barat per Juli 2016, angka final IPM tahun 2015 yang berdasarkan pada rumus terbaru, IPM Kab Bandung menjadi tinggi kembali menjadi 70,05 poin.

“Kabupaten Bandung saat ini berada di cluster IPM tinggi bersama 9 kabupaten/kota IPM tinggi di Jawa Barat,” kata Sekretaris Daerah Kab Bandung Sofian Nataprawira kepada Balebandung.com usai menghadiri pelantikan Pengurus Daerah Muhammadiyah Kab Bandung di Gedung Ormas, Soreang, Sabtu (23/7/16).

Sekda menyebut kesembilan kabupaten/kota yang berstatus IPM tinggi itu antara lain Kota Bdg, Bekasi, Depok, Cimahi, Bogor, Cirebon, Sukabumi, Kabupaten Bekasi, dan Kab Bandung sendiri.

“Nah, di antara sembilan kabupaten/kota tersebut, alhamdulillah, Kabupaten Bandung kecepatan peningkatan IPM-nya tertinggi,” terang Sofian.

Peningkatan poin IPM tersebut antara lain Kab Bandung yang tertinggi (1,43) poin, disusul Kota Bekasi (1,00), Kab Bekasi (0,96), Kota Sukabumi (0,91), Kota Bandung (0,88), Kota Bogor (0,75), Kota Depok (0,68), dan Kota Cimahi (0,47).

“Peningkatan IPM ini merupakan suatu keberhasilan dari kepemimpinan Bapak Bupati Bandung, yang peningkatannya terutama didorong oleh kontribusi di sektor pendidikan dan kesehatan, disusul kemudian dengan daya beli,” pungkas Sekda. [iwa]

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

TERKINI