Rabu, Oktober 20, 2021
BerandaBale JabarJadikan Tamu Sebagai Teman

Jadikan Tamu Sebagai Teman

 

Freddy Triono, GM The Grove Suites
Freddy Triono, GM The Grove Suites

Bercita-cita ingin menjadi seorang juru masak, mantan pencuci piring di salah satu restaurant terkenal di Jakarta ini malah mengubur keinginannya dan memilih bekerja di hotel. Kini, runnner up Abang Jakarta Selatan tahun 1991 ini menduduki jabatan sebagai General Manager di The Grove Suite by Grand Aston.

Percaya kepada karyawan, itulah yang selalu dipegang Freddy Triono. Baginya jangan menganggap karyawan sebagai pekerja, tapi jadikan karyawan sebagai rekan sejawat dan tidak ada kesenjangan antara atasan dan bawahan.

“Menjaga relationship dengan karyawan, akan menjadikan loyalitas karyawan tinggi terhadap perusahaan. Jika kita bisa memberikan pelayanan lebih kepada tamu, maka kita juga harus bisa memberikan pelayanan lebih kepada karyawan. Jika saya menyuruh orang untuk melakukan sesuatu, tapi saya tidak mau orang tersebut merasa tersuruh,” ungkap Freddy.

Penyuka film komedi ini selalu memberi contoh kepada bawahannya. Freddy tidak sungkan-sungkan untuk melakukan pekerjaan yang biasa dilakukan karyawan tingkat bawah. Baginya untuk membersihkan ruang kotor atau membantu tamu membawa barang, sudah hal biasa yang dia lakukan. Freddy memang tidak ragu untuk terjun langsung dalam hal pelayanan atau pun monitor pekerjaan karyawannya setiap hari.

Pria kelahiran Surabaya 43 tahun ini hampir setiap hari menyapa tamu yang menginap. Bahkan dia sampai mengingat nama tamu dan menyapanya dengan sebutan nama. Itu yang membuatnya cepat akrab dengan semua tamu dan tidak sedikit tamu yang awalnya hanya menginap menjadi teman ngobrolnya hingga saat ini.

Pengalaman di dunia hospitality yang membuat Freddy harus melakukan hal itu. Sebelum bergabung di The Grove Suite, lulusan Akademi Pariwisata Trisakti tahun 1994 ini pernah singgah di beberapa perusahaan seperti The Spaghetti House Restaurant, Hotel Menara Peninsula, Aston Hotel Sudirman, Hyatt Aryaduta Jakarta, Aston Rasuna Residence, Oakwood Premier Cozmo Jakarta, Mercure Jakarta Kota dan Harris Hotel Tebet Jakarta.

The Grove Suite merupakan hotel bintang lima di bawah manajemen Archipelago International. Hotel ini memiliki 151 kamar dengan tipe suite terdiri atas one bed room dengan luas 52 sqm dan two bed room dengan luas 70 sqm. Setiap kamar dilengkapi dengan ruang tamu, kitchen set, sofa dan kamar yang luas.

Fasilitas yang diberikan The Grove Suite berupa kolam renang, gym, spa, balcony, garden, business center, bar dan restaurant serta iringan musik gamelan yang akan menemani tamu dalam menyantap hidangan. Setiap hari selalu tersedia afternoon tea yang dapat dinikmati tamu hotel.

Dalam menyikapi persaingan, Freddy selalu menekankan kepada pelayanan. “Hotel is about service. Jadikan tamu sebagai teman atau keluarga yang jauh dan sedang bertamu di rumah kita. Layani dengan baik, buat mereka akrab, jika ada complain kita tanggapi dengan serius, maka dengan sendirinya tamu akan loyal terhadap hotel kita,” tutur Freddy.

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI