Bale KBBPamong

Jalan di Selatan KBB Semuanya Diperbaiki Tahun Ini

Akses jalan rusak menuju Curug Malela di Desa Cicadas, Kec Rongga, KBB.
Akses jalan rusak menuju Curug Malela di Desa Cicadas, Kec Rongga, KBB.

CILILIN – Seluruh ruas jalan yang berada di selatan Kabupaten Bandung Barat tahun ini diperbaiki Dinas Bina Marga, Sumber Daya Air dan Pertambangan KBB. Bahkan hampir 90% jalan di bagian selatan sudah ditangani baik untuk pembangunan baru, peningkatan, dan pemeliharaan.

“Jalan kabupaten yang ada di wilayah selatan, sudah mengalami banyak perubahan dibandingkan  beberapa tahun lalu menjadi lebih mulus,” ungkap Kepala DBM Sdape Adang Rachmat Safaat di Cililin, Selasa (31/5/16).

Adang menyebutkan panjang jalan di selatan mencapai  lebih dari 300 kilometer dari total panjang kabupaten 553,65 kilometer. Perbaikan jalan-jalan itu mulai dari Batujajar, Cihampelas, Cililin, Sindangkerta, Cipongkor, Gununghaalu, sampai Rongga  sudah bisa disejajarkan dengan jalan di wilayah lainnya yang ada di Bandung Barat.

Menurutnya perbaikan jalan  tidak hanya didanai dari APBD KBB tapi juga APBD Provinsi Jabar, APBN, dan Community Development (comdev) proyek pembangunan PLTA Upper Cisokan yang khusus buat ruas jalan di wilayah selatan. Tahun ini, dari APBD KBB dialokasikan anggaran sebesar Rp 90 miliaran untuk pemeliharaan 25 ruas dan peningkatan 36 ruas. “Adanya proyek PLTA Upper Cisokan sangat membantu percepatan perbaikan jalan di KBB,” ungkap Adang. [fik]

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close