Bale Kab Bandung

Jelang Pilkada, Polresta Bandung – PWI Kab Bandung Tegaskan Perangi Hoax

Kapolresta Bandung Kombes Pol Hendra Kurniawan beraudiensi dengan jajaran pengurus PWI Kab Bandung, di Mapolresta Bandung, Selasa (21/7/20). by PWI

SOREANG, Balebandung.com – Kapolresta Bandung Kombes Pol Hendra Kurniawan beraudiensi dengan jajaran pengurus PWI Kabupaten Bandung, di Mapolresta Bandung, Selasa (21/7/20).

Kapolresta menyatakan dengan audiensi ini akan lebih mensinergikan dalam penyampaian informasi kegiatan jajaran Polresta Bandung melalui media massa. Terlebih jelang Pilkada Kabupaten Bandung 9 Desember 2020 yang diharapkan berjalan sukses tanpa ekses.

“Salah satu yang kontribusi atas pilkada yang sukses tanpa ekses ini adalah rekan-rekan pers, salah satunya kita bisa sejalan dalam memerangi informsi palsu atau hoax” tandas Kombes Pol Hendra.

Ia menambahkan, pihaknya melalui unit cyber sudah cukup canggih dalam melacak sumber hoax. “Sudah cukup banyak kasus hoax yang berhasil diungkap. Seperti berita hoax polisi obral tembakan terhadap begal, dan berita hoax lainnya. Setelah diungkap ternyata modusnya kebanyakan hanya untuk meningkatkan subscriber atau like pada konten medsos-nya,” beber Hendra.

Ketua PWI Kabupaten Bandung Rahmat Sudarmaji menyampaikan, selain ingin mengenalkan jajaran pengurusnya, pihaknya ingin mensinergikan kemitraan dalam penyampaian informasi kepada masyarakat. Lebih dari itu menyampaikan amanat dari PWI Pusat dan Dewan Pers terkait enam isu antara lain pilkada, narkoba, hoax, lingkungan, perlindungan anak dan korupsi.

Rahmat mengatakan, dalam menyikapi berita-berita hoax, terutama jelang Pilkada Kabupaten Bandung dan untuk meningktkan komptensi wartawan, pihaknya berencana dalam waktu dekat akan menggelar Raker dan Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

“Kewajiban kami memerangi berita hoax. Untuk itu melalui Raker dan UKW, tentunya para wartawan diharapkan dapat bekerja secara lebih profesional dan bertanggung-jawab,” kata Rahmat.***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close