Bale Kab Bandung

Kang DS-Sahrul Gunawan Temui Dalang Dadan Sunandar

Bahas Program Seni Budaya

BALEENDAH, Balebandung.com – Calon Bupati Bandung dari PKB Dadang Supriatna bersama calon Wakil Bupati Bandung- Sahrul Gunawan mengunjungi dalang kondang wayang golek Dadan Sunandar Sunarya di Padepokan Giri Harja 3, Kelurahan Jelekong, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Sabtu (8/8/20).

Dadang Supriatna mengatakan kunjungan ini sebagai silaturahmi sekaligus untuk membahas program seni budaya ke depan jika  Kang DS, sapaan Dadang Supriatna menjadi Bupati Bandung 2021-2026.

“Kami antara lain mendiskusikan agar bagaimana masyarakat Kabupaten Bandung ini bisa memahami tentang seni budaya dengan lebih mudah dan mengena,” ungkap Kang DS usai pertemuan.

Sebab menurutnya  martabat suatu bangsa tergantung bagaimana bangsa itu bisa menghargain seni budaya, terutama budaya Sunda dan pengenalan potensi daerah tentang wayang golek.

“Kondisi saat ini kan masyarakat nyaris sudah tidak lagi mencintai budayanya sendiri dengan pengaruh pesatnya perkembangan teknologi informasi. Di mana melalui gadget saja, anak-anak kita sehari bisa sampai enam jam rata rata memegang handphone-nya,” kata Dadang yang juga Anggota Komisi II DPRD Jawa Barat ini.

Ia berharap dengan dampak kemajuan teknologi dan dampak globalisasi yang dimediasi melalui gadget tidak sampai membuat generasi penerus lupa akan identitas dirinya melalui seni budaya.

Karena itu Kang DS kerap menggelar pertunjukan wayang golek di setiap kesempatan sosialiasi, seperti pada tahun lalu mensosialisasikan pelaksanaan Pemilihan Umum Presiden dan Pemilu Legislatif 2019.

“Dengan menggelar pertunjukan wayang golek juga sekaligus kita berupaya melestarikan seni budaya Sunda dan mengangkat kearifan lokal dalam setiap kebijakan maupun setiap moment, termasuk di momen Pilkada Kabupaten Bandung 2020 ini,” jelas Kang DS. ***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close