Minggu, Oktober 17, 2021
BerandaBale KBBKBB Siapkan Rp 9 M untuk Flyover Cimareme

KBB Siapkan Rp 9 M untuk Flyover Cimareme

fly-overNGAMPRAH – Pemkab Bandung Barat telah menyiapkan anggaran Rp 9 miliar untuk membebaskan lahan di sekitar kawasan Cimareme yang akan dipakai untuk pembangunan fly over.

Rencananya pembebasan lahan itu dilakukan secara bertahap dan dimulai tahun ini guna mengganti lahan di bagian kanan dan kiri jalan di kawasan tersebut. Nantinya jika lahan tersebut sudah terbebasakan maka Flyover Cimareme akan dibangun dengan anggaran dari pemerintah pusat.

“Kami sudah menyiapkan anggaran Rp 9 miliar untuk pembebasan lahannya dan itu belum mencakup semua, karena itu pembebasan lahannya dilakukan bertahap,” kata Wakil Bupati Bandung Barat Yayat T Soemitra di Ngamprah, Selasa (3/5/16).

Menurut wabup keberadaan Flyover Cimareme sudah sangat mendesak sebab kemacetan yang terjadi di kawasan ini sudah sangat parah mengingat banyaknya kendaraan berat yang keluar masuk ke kawasan industri.

Selama ini untuk mengatasi kemacetan itu sudah dilakukan pembatasan opersional bagi truk-truk besar untuk tidak melintas di Jalan Padalarang, Cihaliwung, Panaris, Cimareme, dan Batujajar pada pukul 06.00-10.00 dan 16.00-20.00, yang merupakan jam terpadat dilalui kendaraan berat. Sebab berdasarkan data Dishubkominfo KBB 2015, setiap hari truk kecil, besar, dan kontainer yang melintas dari Padalarang ke Cimareme berjumlah sekitar 1.700 kendaraan.

“Upaya itu cukup berhasil mengurangi tingkat kemacetan walaupun kondisi itu tidak menguntungkan bagi pihak perusahaan karena mereka harus menunggu waktu untuk pengiriman atau kedatangan barang,” ungkap Yayat.

Untuk itu selain opsi dibangun Flyover Cimareme, pihaknya pun akan menyelesaikan jalan alternatif yang dibangun dari kawasan Purabaya, Kota Baru Parahyangan yang nantinya tembus ke Cimerang. “Kalau jalan itu jadi maka kemacetan di Cimareme pasti akan berkurang,” tandas wabup. [fik]

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

TERKINI