Kamis, Februari 22, 2024
BerandaBale BandungKetum Akkopsi Berharap Banyak Terobosan di CSS XXI Kab Bandung

Ketum Akkopsi Berharap Banyak Terobosan di CSS XXI Kab Bandung

SOREANG, Balebandung.com – Ketua Umum Aliansi Kabupaten-Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI) Ahmed Zaki Iskandar berharap penyelenggaraan City Sanitation Summit (CSS) XXI di Kabupaten Bandung pada 21 Mei-23 Juni 2023 akan menghasilkan inovasi dan terobosan-terobosan baru dalam penanganan sanitasi di Indonesia.

“Terlebih dengan program-program yang dicanangkan Pak Bupati Bandung yang luar biasa, mudah-mudahan bisa menjadi terobosan nanti di program-program Akkopsi, yang nantinya kita bisa tularkan ke daerah-daerah lain,” kata Zaki Iskandar saat konferensi pers CSS ke-21 di Gedong Budaya Soreang, Jumat (17/3/2023).

Zaki yang juga menjabat Bupati Tangerang ini menandaskan, Sekretariat Nasional Akkopsi mendukung penuh Kabupaten Bandung yang terpilih sebagai tuan rumah dalam gelaran CSS 2023 yang ke-21 ini.

“Semoga semuanya berjalan dengan lancar dan tentu saja bisa menghadirkan banyak terobosan-terobosan dalam rangka mengentaskan persoalan sanitasi dan mempromosikan pola hidup bersih dan sehat bagi masyarakat dari Sabang sampai Merauke,” ucap Zaki.

Ia mengungkapkan, terpilihnya Kabupaten Bandung sebagai tuan rumah CSS XXI lantaran Kabupaten Bandung memiliki geografis sangat luas dan populasinya yang cukup padat. Tentu saja kondisi geografis dan populasi yang tinggi ini juga menurutnya memunculkan permasalahan pola ruang, sampah, kemacetan, termasuk masalah sanitasi.

“Tapi saya yakin, di bawah kepemimpinan Bapak Bupati Dadang Supriatna, banyak sekali program-program yang mudah-mudahan nanti ikut mendukung dalam upaya merestorasi lingkungan dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui program-program perbaikan sanitasi, penyelenggaraan air bersih dan air minum kepada masyarakat, dan tentu saja program-program yang lain yang bisa mengembalikan dan meningkatkan memperpanjang hidup masyarakat di Kabupaten Bandung,” ungkap Zaki.

Bupati Bandung Dadang Supriatna saat menanam pohon di Kick Off CSS XXI, Soreang, Jumat (17/3/23).

Bupati Bandung Dadang Supriatna mengaku bahagia atas hadirnya Ketum Akkopsi pada kegiatan Kick Off CSS XXI ini. Ia pun menghaturkan terima kasih atas dukungan penuh Akkopsi atas terpilihanya Kabupaten Bandung sebagai tuan rumah.

“Tentu saja, kepercayaan dan penghargaan dari Akkopsi ini tidak akan kami sia-siakan. Insyaallah, mudah-mudahan dalam pelaksanaannya bisa berjalan dengan lancar,” ucap Bupati Bandung.

Tentunya, imbuh bupati, pihaknya pun meminta dukungan dari dari semua masyarakat Kabupaten Bandung, terutama nantinya kepada masyarakat yang ada di beberapa titik lokus kegiatan CSS.

“Tingkat sanitasi layak Kabupaten Bandung atau Open Defecation Free (ODF) sudah mencapai 98%. Mudah-mudahan ini bisa terus ditingkatkan hingga mencapai 100 %. Dan pada akhirnya seluruh warga Kabupaten Bandung sehat sanitasinya, sehingga kasus stunting juga terus menurun,” ucap Dadang Supriatna.

Kegiatan Kick Off CSS XXI di Soreang, Kabupaten Bandung diisi dengan kegiatan penanaman pohon dan penebaran benih ikan di Taman Kaulinan GBS.

Bupati Bandung mengatakan, penanaman pohon dilakukan sesuai dengan baru dikeluarkannya Instruksi Bupati Nomor 2 Tahun 2023 tentang Gerakan Menanam Pohon Bagi anak-anak Sekolah. Instruksi ini mewajibkan setiap anak sekolah untuk menanam dua pohon di sekolahnya atau di rumahnya.***

BERITA LAINYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERKINI