Selasa, Oktober 19, 2021
BerandaBale KBBKota Baru Walini Disesuaikan dengan Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Kota Baru Walini Disesuaikan dengan Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung

ilustrasi/net
ilustrasi/net

BANDUNG BARAT – Pembangunan Kota Baru Walini di kawasan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat (KBB) akan disesuaikan dengan proyek kereta cepat. Rencananya proyek kota baru yang digagas pemerintah pusat itu rencananya akan memakai lahan seluas 5.000 hektare.

“Lahan untuk Kota Baru Walini itu diperkirakan lokasinya di perkebunan teh milik PTPN VIII, dan sebagian menggunakan tanah milik masyarakat Kecamatan Cikalongwetan, Bandung Barat,” ungkap Kepala Bappeda KBB Asep Sodikin, Senin (29/2/16).

Asep menjelaskan pemerintah pusat, dalam hal ini konsorsium BUMN Indonesia dan perusahaan dari Cina yang membentuk PT. Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC) sudah mencanangkan jika Kota Baru Walini ini akan dibangun di atas tanah seluas 5.000 hektare.

Akan tetapi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat mengusulkan lahan yang dipergunakan seluas 8.000 hektare sedangkan Pemkab Bandung Barat mengusulkan 10.000 hektare.

“Mengenai berapa lahan yang akan dipakai nantinya akan segera dirapatkan oleh PT. KCIC, Pemprov Jabar, dan Pemkab Bandung Barat, supaya ada kepastian,” ucapnya.

Menurut Asep proyek masa depan itu sudah sejalan dengan  rencana Pemkab Bandung Barat dalam pengembangan Kawasan Terpadu Cikalongwetan yang tertuang dalam Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) KBB.

“Rencana pengembangan Kota Baru Walini dan juga kereta api cepat itu sudah sesuai dengan RTRW KBB. Jadi tidak ada masalah dan kendala jika nantinya kawasan itu dilakukan penataan,” pungkasnya. (fik)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI