Bale Kab BandungPolitik Kab Bdg

KPU; Masih 3 Kecamatan Bereskan Rekap

Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilu Tahun 2019 Tingkat Kabupaten Bandung di Hotel Sutan Raja Soreang, Senin (29/4/19). by Humas Pemkab

SOREANG, Balebandung.com – Ketua KPU Kabupaten Bandung Agus Baroya mengungkapkan sampai hari ini dari 31 kecamatan di Kabupaten Bandung, tercatat tiga kecamatan masih dalam tahap penyelesaian rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2019. Agus beralasan masing-masing masih PPK harus membaca hasil perolehan suara di TPS.

Agus menyebut Kecamatan Dayeuhkolot, Cileunyi dan Baleendah hari ini akan selesai. Kendalanya adalah rekapitulasi dari TPS ini langsung ke PPK, otomatis beban di PPK menjadi sangat besar karena harus membaca hasil perolehan suara di tiap TPS.

“Biasanya kecamatan dengan TPS yang banyak, akan memakan waktu lama. Tapi, alhamdulillah sesuai dengan prediksi, 10-11 hari sejak pelaksanaan pemilu, perhitungan sudah bisa diselesaikan,” ungkap Ketua KPU saat Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilu Tahun 2019 Tingkat Kabupaten Bandung di Hotel Sutan Raja Soreang, Senin (29/4/19).

Pada hari pertama itu, lanjut Agus, rekapitulasi akan terbagi ke dalam dua panel. Masing-masing panel terdiri dari 8 PPK, dan maksimal akan selesai pada tengah malam.

“Ada 16 PPK akan selesai rekap hasil sehari ini sampai tengah malam nanti. Sedangkan 15 PPK lainnya dijadwalkan besok. Hari Rabu 1 Mei, kita upayakan sudah proses administrasi, baik itu penggandaan kemudian tanda tangan dan penyerahan dokumen, kita harapkan seperti itu,” jelas Agus.

Terkait potensi perbedaan pendapat dengan saksi, ia menilai semuanya ada aturannya (rule of game). Pihaknya memastikan hal-hal yang tidak sinkron dapat diselesaikan dalam mekanisme rapat pleno tersebut.

Sedangkan terkait petugas di lapangan yang meninggal karena kelelahan, dipimpin oleh Agus, para peserta rapat mengheningkan cipta selama beberapa saat. Atas nama Sekretariat KPU, Agus juga mengucapkan turut berbela sungkawa kepada keluarga korban.

“Dari informasi yang kami terima per tanggal 26 April 2019, di Indonesia tercatat 326 petugas meninggal. Sementara di Jawa Barat tercatat 96 meninggal dan 291 orang sakit. Khusus di Kabupaten Bandung sendiri tercatat 1 personil dari kepolisian, 1 petugas PPS, 3 KPPS dan 3 personil Linmas meninggal dunia. Kami jajaran KPU turut berbela sungkawa, semoga keluarga korban diberikan ketabahan,” ucap Agus.***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close