Rabu, Oktober 27, 2021
BerandaBale Kota BandungMagrib Mengaji Diluncurkan

Magrib Mengaji Diluncurkan

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dan putri bungsunya Camillia Laetitia Azzahra saat launching Program Magrib Mengaji di Mesjid Al-Ukhuwwah Kota Bandung. Jumat (29/4). by Humas Pemkot Bandung
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dan putri bungsunya Camillia Laetitia Azzahra saat launching Program Magrib Mengaji di Mesjid Al-Ukhuwwah Kota Bandung. Jumat (29/4). by Humas Pemkot Bandung

BANDUNG – Program Magrib Mengaji yang dicanangkan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil resmi diluncurkan, Jumat (29/4/16). Peluncuran di tingkat Kota bandung ini dilaksanakan di Mesjid Al-Ukhuwwah Kota Bandung dengan disaksikan ribuan masyarakat yang berasal dari seluruh wilayah Kota Bandung. Secara simbolis, peresmian dilakukan dengan pembacaan Al-Quran surat Ar-Rahman oleh Ridwan Kamil dan putri bungsunya Camillia Laetitia Azzahra.

Menurut Ridwan, Magrib Mengaji bukanlah sebuah program baru. Sedari dulu mengaji di waktu magrib sudah membudaya di masyarakat. “Pemkot Bandung menguatkan tradisi yang sudah ada di masyarakat yang saat ini sudah mulai menghilang,” ungkap Ridwan.

Menurutnya, di tengah arus informasi yang serba cepat ini harus ada yang jadi penyeimbang antara budaya kontemporer dengan hal-hal yang bersifat fundamental. Untuk mendukung program magrib mengaji ini, Pemkot Bandung telah menyiapkan aplikasi digital yang berfungsi untuk mengetahui mesjid mana saja yang sudah melaksanakan program Magrib Mengaji ini.

“Jadi kalau ada yang ingin berpartisipasi tinggal buka apps-nya, nanti bisa tahu di mana lokasinya, ada foto, dan kita bisa tahu kegiatan apa saja yang dilakukan,” papar Ridwan.

Ridwan menyebut dari 4.000 mesjid di Kota Bandung, sudah ada 2.000 mesjid yang siap berpartisipasi. Mesjid-mesjid yang sudah melaksanakan program Magrib Mengaji ditandai dengan adanya spanduk.

“Bandung ini sudah juara, sudah dapat Adipura, Persib sudah juara, mari seimbangkan dengan Magrib Mengaji,” ujar Ridwan. “Tujuannya agar anak-anak Kota Bandung itu gaul, pinter, dan kokoh secara mental dan spiritual,” terangnya.

Launching Magrib Mengaji ini dilaksanakan bersamaan dengan peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada Jumat 6 Mei 2016. “Mari makmurkan mesjid dengan shalat berjamaah dan mengaji bersama,” ajak Ridwan.

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI