Bale HankamBale KBB

Eks Preman se-Jabar Digembleng Bela Negara

Kodam Siliwangi3-jpgLEMBANG – Sebanyak 100 orang mantan preman mendapatkan pendidikan pelatihan bela negara di Depo Pendidikan (Dodik) Bela Negara Rindam III Siliwangi Cikole Lembang Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jumat (29/4/16).

Kasdam III/Siliwangi, Brigjen TNI Wuryanto mengatakan para mantan preman itu akan dididik selama satu bulan penuh. Meraka akan diberi pelajaran soal kedisiplinan, baris-berbaris, fisik, keterampilan serta yang utama adalah diberikan wawasan kebangsaan bela negara dan cinta tanah air.

“Tujuannya jelas agar mereka selepas selesai mengikuti pendidikan ini supaya bisa menghargai diri sendiri dan bangsanya serta dapat dihargai masyarakat,” terangnya.

Menurutnya penanganan premanisme tidak bisa hanya dilakukan sektoral atau oleh pemerintah daerah saja. Tapi juga harus ada dukungan semua pihak termasuk TNI. Sesuai amanat UU TNI ikut berperan serta bersama pemerintah daerah dalam melaksanakan pembangunan. Salah satunya dengan melaksanakan pembinaan kepada masyarakat.

“Mental premanismenya itu yang akan kami ubah agar memiliki semangat nasionalisme dan memiliki rasa tanggungjawab terhadap diri dan orang lain,” tegasnya.

Disebutkannya kegiatan ini diikuti oleh peserta dari berbagai daerah di Jawa Barat. Usia tertua 48 tahun dan termuda 17 tahun, sedangkan rata-rata usia yang mengikuti pembekalan ini yakni berusia 20 tahunan. Selain memberikan pembekalan, pihak TNI juga mengupayakan mereka dapat disalurkan ke perusahaan-perusahaan agar memiliki pekerjaan tetap sesuai minatnya masing-masing. [fik]

Tags

Baca Juga

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close